ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN SD
Abstract
Dalam dunia pendidikan pentingnya menjaga dan menanamkan nilai-nilai lokal khususnya nasionalisme yang menjadi tantangan tersendiri, salah satu pendekatan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, seperti flashcard. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana penggunaan media flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD berkontribusi terhadap pengembangan karakter nasionalisme siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran PKn efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Flashcard yang dirancang secara kreatif dan relevan membantu siswa lebih mudah memahami konsep nasionalisme, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik. Flashcard juga memfasilitasi penyampaian materi secara visual sehingga memperkuat daya ingat dan pemahaman siswa terhadap identitas nasional mereka.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, F. N., Dwi Ardianti, S., & Bakhruddin, A. (2023). PERAN GURU DALAM
MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI MI NAHJATUL FAIZIN
KEPOHKENCONO PUCAKWANGI KABUPATEN PATI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD
FKIP Universitas Mandiri, 9(04), 963–969.
Andara, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Semangat Nasionalisme
Melalui Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7733–
Ardiani, R. A., Dewi, A., Furi, Y., Program, F., Pendidikan, S., Sekolah, G., Upi, D., & Cibiru, K.
(2022). PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DIGITAL MATERI SIMBOLSIMBOL PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKn. JURNAL PENDIDIKAN DAN
PEMBELAJARAN KHATULISTIWA, UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK,
(10), 2125–2130. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58824
Avipa, U., Istiningsih, S., Erfan, M., & Novitasari, S. (2023). Pengembangan Media Flashcard
Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of
Classroom Action Research, 5(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5649
Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). AKTIVITAS SISWA DALAM
PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SEKOLAH
DASAR. Buana Pendidikan: Jurnala FKIP Unipa Surabaya, XVI(29), 92–98.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. In Jurnal
Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk
Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI),
(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Sahib, M., Syahruddin, S., & Saleh, M. S. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN PENERBIT CV.
EUREKA MEDIA AKSARA.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.
NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Yaumi, M. (2017). Media_Pembelajaran_Pengertian_Fungsi_dan. 3–7
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.12717
Article Metrics
Abstract - 77 PDF - 33DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.12717.g5847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats