ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN JIWA NASIONALISME SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN SD

Lutfi Aqrabah, Galatia Galuh Ivanka, Seftiana Ambarwati, Nelly Astuti

Abstract


Dalam dunia pendidikan pentingnya menjaga dan menanamkan nilai-nilai lokal khususnya nasionalisme yang menjadi tantangan tersendiri, salah satu pendekatan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, seperti flashcard. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana penggunaan media flashcard dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD berkontribusi terhadap pengembangan karakter nasionalisme siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari artikel-artikel yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran PKn efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme. Flashcard yang dirancang secara kreatif dan relevan membantu siswa lebih mudah memahami konsep nasionalisme, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menarik. Flashcard juga memfasilitasi penyampaian materi secara visual sehingga memperkuat daya ingat dan pemahaman siswa terhadap identitas nasional mereka.

 

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah, F. N., Dwi Ardianti, S., & Bakhruddin, A. (2023). PERAN GURU DALAM

MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME SISWA DI MI NAHJATUL FAIZIN

KEPOHKENCONO PUCAKWANGI KABUPATEN PATI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD

FKIP Universitas Mandiri, 9(04), 963–969.

Andara, S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Semangat Nasionalisme

Melalui Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7733–

Ardiani, R. A., Dewi, A., Furi, Y., Program, F., Pendidikan, S., Sekolah, G., Upi, D., & Cibiru, K.

(2022). PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD DIGITAL MATERI SIMBOLSIMBOL PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKn. JURNAL PENDIDIKAN DAN

PEMBELAJARAN KHATULISTIWA, UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK,

(10), 2125–2130. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i10.58824

Avipa, U., Istiningsih, S., Erfan, M., & Novitasari, S. (2023). Pengembangan Media Flashcard

Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of

Classroom Action Research, 5(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5649

Febrianto, K., Yustitia, V., & Irianto, A. (2020). AKTIVITAS SISWA DALAM

PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SEKOLAH

DASAR. Buana Pendidikan: Jurnala FKIP Unipa Surabaya, XVI(29), 92–98.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN

KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR NEGRI BOJONG 3 PINANG. In Jurnal

Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk

Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI),

(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587

Sahib, M., Syahruddin, S., & Saleh, M. S. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN PENERBIT CV.

EUREKA MEDIA AKSARA.

Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.

NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Yaumi, M. (2017). Media_Pembelajaran_Pengertian_Fungsi_dan. 3–7




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.12717

Article Metrics

Abstract - 77 PDF - 33

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.12717.g5847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats