ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR

Encep Andriana, Siti Rokmanah, Nur Yoga Zein Alfin Setiawan

Abstract


Pendidikan karakter menjadi salah satu pendidikan integral yang memiliki tujuan dalam membentuk individu untuk mempunyai sikap, etika, serta beberapa nilai moral yang baik. Terdapat berbagai macam pendidikan karakter yang memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik menjadi generasi muda yang baik, salah satunya adalah karakter disiplin peserta didik. Tujuan dari penulisan ialah menganalisis pendidikan karakter terhadap kedisiplinan siswa sekolah dasar. Metode penulisan menggunakan jenis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan dari peserta didik sudah terlaksana dengan baik. Kesimpulan yang diambil ialah penerapan karakter disiplin dari peserta didik dapat diterapkan melalui pendidikan karakter berdasarkan beberapa kegiatan di sekolah. Sikap disiplin dari peserta didik juga ditunjukkan melalui pengumpulan tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu serta kegiatan pembelajaran dimana siswa masuk kedalam kelas dengan kondusif dan teratur. Patuh terhadap peraturan yang berlaku juga ditunjukkan melalui mengenakan seragam yang telah ditetapkan oleh sekolah dengan rapi.

Kata Kunci: karakter, kedisiplinan, sekolah dasar, siswa


Full Text:

PDF

References


Aini, S., & Daulai, A. F. (2024). Analisis implementasi program pembinaan kedisiplinan dalam membina akhlak siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 307-317.

Andriana, E., Rokhmanah, S., & Luthfika, A. L. (2023). Analisis Pembentukan Karakter Bernalar Kritis Melalui Metode Bercerita Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 400-409.

Andriana, E., Rokmanah, S., & Fitriyanani, N. K. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik SD Negeri Babakan Tigaraksa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6129-6139.

Audina, D., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Pendidikan karakter cinta tanah air dan kedisiplinan dalam kegiatan upacara bendera di sekolah dasar dki jakarta. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 60-68.

Audina, D., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Pendidikan karakter cinta tanah air dan kedisiplinan dalam kegiatan upacara bendera di sekolah dasar dki jakarta. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 60-68.

Cahyati, E., Andriana, E., & Syachruroji, A. (2023). Implementasi Ekstrakulikuler Pencak Silat Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV Di SDN Karawaci Baru 1 Kota Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5018-5027.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137-145.

Diyati, H., & Muhyadi, M. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Budaya Sekolah Di SDN Kwayuhan, Kecamatan Minggir, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 28–43.

Dole, F. E. (2021). Pengaruh pendidikan karakter terhadap kedisiplinan peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675-3688.

Ilhami, A. (2022). Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605-619.

Lorensius, L. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 755-768.

Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal ilmiah wahana pendidikan, 7(2), 360-372.

Nisa, C., Sundava, S., & Azizah, I. (2023). Peningkatan Karakter Disiplin melalui Apel Pagi Bagi Siswa SD Muhammadiyah 22 Surakarta. Journal on Education, 6(1), 1-11.

Rony, R., & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79-100.

Sahuri, M. S. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Al Baitul Amien Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 5(2), 205-218.

Sari, Y., Sari, N. A., & Suwartini, S. (2024). Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 928-933.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Ummami, C., Jamaludin, U., & Andriana, E. (2021). Impelementasi Kompetensi Pedagogik dalam Penguatan Karakter Percaya Diri melalui Pembelajaran Daring. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1573-1581.

Yudhyarta, D. Y., Supriono, I. A., Helmi, T., & Patimah, S. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Islam Terhadap Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 49-61.

Yulianingrum, T., & Mardiana, T. (2022). Analisis Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 42-55.

Zakyah, A. D., & Laviana, A. (2020). Psychosocial impact of dental aesthetics questionnaire (PIDAQ) as a subjective diagnostic instrument in orthodontic: A literature review. International Public Health Journal, 12(2), 109-119.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.13032

Article Metrics

Abstract - 155 PDF - 46

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v6i2.13032.g5840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats