PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PADA FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS MUHAMADIYAH TANGERANG

Boy Dorahman, Sa'odah Sa'odah

Abstract


Di Indonesia masalah pengangguran merupakan masalah yang selalu dihadapi dari setiap tahun, salah satu penyebabnya adalah kurangnya lapangan kerja untuk angkatan kerja. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa turut menyumbangkan angka pengangguran di Indonesia karena mahasiswa merupakan calon angkatan kerja yang belum pasti mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau keinginan mereka. Berdasarkan hal tersebut perlu dibangun semangat kewirausahaan untuk meningkatkan ketersediaan lowongan pekerjaan. Hal iini bisa dilakukan dengan menumbuhkan minat berwirausaha denga efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, untuk mengkaji pengaruh efikasi diri wirausaha terhadap minat berwirausaha, untuk mengkaji pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha. Metode dan desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, yang ditujukan untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha. Pengambilan sample dilakukan dengan cara teknik Convenience Sampling. Dengan menggunakan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh positif signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, terdapat pengaruh positif signifikan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa, variabel pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri secara simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Kata kunci: Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha


Full Text:

PDF

References


Aditia Putra, Rano. (2012). Faktor-Faktor Penentu Minat Mahasiswa Manajemen Untuk Berwirausaha (Studi Mahasiswa Manajemen FE UNP). Jurnal Manajemen. Vol. 1.

Alwisol. (2008). Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Malang: UMM Press

Azwar, S. (2012). Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Statistik Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. No. I.

Asy’arie, Musa. (1997). Islam etos Kerja & Pemberdayaan Ekonomi Umat, Yogyakarta: LESFI.

Bandura, Albert. (1997). Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review.

Creswell, John. (2015). Riset Pendidikan (terjemahan). Edisi V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Drost, Ellen A. et. al. (2011) “Fostering Entrepreneurship among Finnish Business Students: Antecendents of Entrepreneurial Intent and Implications for Entrepreneuship Education”, International Review of Entrepreneurship.

Fuadi, Iski Fadli. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Kelas XII Teknik Otomotif SMK Negri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal PTM.Vol 9.

Hisrich, D. Robert, dkk. (2008). Entrepreneurship. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Lo Choi Tung. (2011). The Impact of Entrepreneurship Education on EntrepreneurialIntention of Engineering Students. City University of Hong Kong.

Julianto, Pramdia Arhando. (2017). Di akses pada Agustus 2017, Jumlah Pengangguran Naik Menjadi 7,04 Juta Orang. https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/06/153940126 Rosmiati, dkk. (2015). Sikap, Motivasi dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.Vol. 17.

Schumpeter, Joseph (1951) "Change and the Entrepreneur" in Essays of J.A. Schumpeter. Ed. Richard V. Clemence (Reading). Mass: Addison Wesly.

Slamet, Franky dkk. (2014). Dasar-dasar kewirausahaan: Teori & Praktik. Jakarta: PT. Indeks.

Soeharto, Prawirakusumo. (1997). “Peranan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan wirausaha-wirausaha tangguh”, Makalah dalam seminar, Jatinangor: PIBIIKOPIN dan FNSt.

Sudamarto, R. Gunawan. (2013). Statistik Terapan Berbasis Komputer denganProgram IBM SPSS 19.Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti L & Sirine H. (2012). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Terhadap Niat Kewirausahaan (Studi Lapangan Mahasiswa Universitas Kristen Satya Kencana Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Sunyoto, Danang. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi. Yogyakarta: CAPS.

Suryana. (2009). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2566

Article Metrics

Abstract - 1091 PDF - 1440

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2566.g1683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats