PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KELAS IV BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SDN KUNCIRAN 7 KOTA TANGERANG

Nur Karmilah, Een Unaenah, Erdhita Oktrifianty

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis kurikulum 2013, dan untuk mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan aspek kevalidan dan aspek kepraktisan. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian dan pengembangan dengan tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian produk. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar matematika berbasis kurikulum 2013 pada materi pengumpulan dan penyajian data. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian ahli materi dan lembar penilaian ahli media untuk aspek kevalidan, serta lembar penilaian ahli pendidikan dan angket respon peserta didik untuk aspek kepraktisan. Kualitas kevalidan bahan ajar dinilai dari aspek materi mendapatkan nilai 60% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan valid dengan kriteria valid dan dari aspek media mendapatkan nilai 85% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan valid dengan criteria cukup valid. Kualitas kepraktisan bahan ajar berdasarkan lembar penilaian ahli pendidikan mendapatkan nilai 96% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan memiliki kualitas praktis dengan kriteria sangat valid dan berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh nilai 81% yang menunjukkan bahan ajar hasil pengembangan memiliki kualitas praktis dengan kriteria sangat praktis.

Kata kunci :Pengembangan Bahan Ajar Matematika, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Lif Khoiru, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

---, dkk. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Desmita, (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hajar, Ibnu. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kurniasih, Imas, dkk. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran. Surabaya: Kata Pena.

-----. (2014).Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Nuraeni, Yeni. (2017). Bahan Ajar Pembelajaran Tematik. Bogor: Cahaya Pelajar. Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangang. Bandung: alfabeta.

Suryani, Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pres.

Torar, Lexy. (2010). Evaluasi Matematika. Jakarta: Trans Mandiri abadi.

Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara, PT. Cahaya Prima Sentosa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2568

Article Metrics

Abstract - 605 PDF - 596

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2568.g1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats