HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS III SDN TANAH TINGGI 1 KOTA TANGERANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang dengan populasi sebanyak 58 siswa dan sampel sebanyak 48 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan essay. Instrumen pengumpulan data untuk minat baca (variabel X) menggunakan angket Skala Likert dengan pilihan jawaban 1-4 dan kemampuan menyelesaikan soal cerita (variabel Y) menggunakan essay. Untuk pengujian hipotesis dilakukan melalui perhitungan kefisien korelasi dengan rumus Uji t. Berdasarkan rumus korelasi Product Moment dengan α = 0,05 diperoleh thit 4,290 lebih besar dari ttab = 2,013 bahwa thit> ttab dan hipotesis diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara minat baca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas III SDN Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang. Kata Kunci: Minat Baca, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Abstract
This study aims to understand the relationship between reading interest and the ability to solve mathematical problems. This research uses quantitative research methods with the type of survey research. The population in this study were all students of class III SDN Tanah Tinggi 1 Tangerang City with a population of 58 students and a sample of 48 students with a sampling technique using Simple Random Sampling. The research instruments used were questionnaires and essays. Data collection instruments for reading interest (variable X) using a Likert Scale questionnaire with answer choices 1-4 and the ability to solve story problems (variable Y) using essays. To test the hypothesis, it is done by calculating the correlation efficiency with the t test formula. Based on the Product Moment correlation formula with α = 0.05 obtained thit 4.290 is greater than ttab = 2.013 that thit> ttab and the hypothesis is accepted. This can be interpreted that there is a relationship between reading interest and the ability to solve math problem class III SDN Tanah Tinggi 1 Tangerang City. Keywords: Interest in Reading, Ability to Complete Mathematical Story Problems
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
__________ (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalman. (2017). Keterampilan Membaca . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada .
Desmita. (2017). Psikolog Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harlin, A. T. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan
Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus
Imogiri Bantul . Universitas PGRI Yogyakarta, 2-3.
Irwansyah, N., & Mukhtar. (2013). Buku Mata Kuliah Membaca. Tangerang: PT Pustaka
Mandiri.
Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi
Aksara.
Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Kuadrat, H. B. (2014). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
Mariani, A. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Pemhaman dengan Kemampuan
Menyelesikan Soal Cerita Matematika SD Kelas IV SDN 1 Selebung Ketangga .
Universitas Mataram, 6-7. http://eprints.unram.ac.id/6137/1/JURNAL.pdf
Nur'Aeni. (2012). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Minat Belajar
Matematika Dengan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas IV SD SeKecanatan Klirong Tahun 2011/2012. Universitas Negeri Sebelas Meret, 2.
Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riadi, E. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik untuk penelitian ilmu0ilmu
sosial dan pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.
Robbins, S., & Judge, T. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi . Jakarta: PT Rineka Cipta.
Solikhah, I. A. ( 2016). Hubungan Minat Baca dengan Hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa
kelas V SDN Gugus Dipayuda Kec. Banjarnegara Kab. Banjar Negara . Universitas
Negeri Semarang, 8.
Sudarsana, U. (2014). Materi Pokok Pembinaan Minat Baca 1-9. Tangerang Selatan:
Universitas Tebuka .
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
_________(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Prenadamedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2932
Article Metrics
Abstract - 1365 PDF - 950DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2932.g1796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats