BAGAIMANA PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN PKn?
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah PKn siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran take and give dengan siswa yang menggunakan model student facilitator and explaining. Penelitian ini menggunakan metode penelitian true eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDS Kusuma Bangsa Kecamatan Pasar Kemis berjumlah 38 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas IV A berjumlah 20 siswa pada kelas eksperimen 1 dan kelas IV B berjumlah 18 siswa pada kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument soal tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay yang terdiri dari 10 soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Untuk pengujian hipotesis pretes dalam penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t diperoleh nilai = 1,83 dan = 2,02, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Sedangkan untuk pengujian hipotesis postes dari hasil uji t diperoleh nilai = 2,10 dan = 2,02, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hal ini dapat diartikan bahwa kemampuan pemecahan masalah PKn dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give lebih tinggi dari pada menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining.
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Rizki. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Basicedu, 2017. 1.1: 21-30
Aqib, Z. (2018). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Cetakan 8. Bandung: Penerbit Yrama Idya.
Ermawan, Muhammad, T. S, Sari, Anisa, F. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. In: Prosiding Si Manis (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami). 2017. p. 135-140.
Fatma, K, Eddy, N, Gustimal, W. Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2019, 3. 1: 18-25
Huliatunisa, Y, Wibisana, E, Hariyani, L. Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif
Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan
Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education, 2020, 1.1.
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Cetakan 6.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kaelan, M, S. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.Kurniasih, I & Sani, B. (2017). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Kreitner, R & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Cetakan 7. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maman, A. Virgana & Soeparlan, K. (2017) Evaluasi Dalam Pembelajaran. Cetakan 1 Tangerang: PT Pustaka Mandiri.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu
Purwanto, E. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cetakan 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riadi, E. 2014. Metode Statistika. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.
Robbins, S & Judge, T. (2018). Perilaku Organisasi. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.
Cetakan 2 Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: Prenada Media.
Wahyu, H & Ratna, S. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2018, 2. 1: 109-118
Yanto, Y & Juwita, R. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2018, 1.1: 53-60
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3901
Article Metrics
Abstract - 832 PDF - 497DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i1.3901.g2101
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats