ANALISIS PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP CINTA TANAH AIR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS III SDN TANGERANG 15

Fiki Nurul Latifah, Nur Latifah, Imam Muttaqijn

Abstract


Peran guru adalah membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air melalui mata pelajaran PKN siswa kelas III SDN Tangerang 15. Sampel penelitian diambil melalui angket google form kepada guru kelas III SDN Tangerang 15. Partisipan diambil dari guru kelas sejumlah 2 guru terdiri dari guru kelas  III menggunakan soal bentuk essay yang dikembangkan berdasarkan indikator peran guru menurut P. Ratu Ile Tokan. Dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data di lakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian bertujuan untuk menceritakan suatu data, peristiwa atau fenomena yang digali menggunakan wawancara melalui pertanyaan terbuka dengan narasumber yang memiliki pengetahuan dan pemahaman serta pengalaman mendalam tentang fenomena tersebut. Metode deskriptif adalah metode yang menjelaskan atau mendeskripsikan suatu fakta, data, dan objek penelitian secara sistematis dan sesuai dengan situasi alamiah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian ini adalah peran guru guru dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air pada mata pelajaran pkn di SDN Tangerang 15 dengan memberikan contoh yang baik dan mencintai tanah air dalam kehidupan sehari-hari. Guru selalu mengingatkan bersikap jujur dan menghargai berbedaan, toleransi dan displin di sekolah maupun diluar sekolah. Penanaman cinta tanah air dilakukan di sekolah yang lebih efektif karena dapat membentuk jiwa serta semangat bagi siswa yang akan menentukan masa depannya. Rasa cinta tanah air merupakan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Informasi yang baik juga perlu dikembangkan dengan baik agar semangat cinta tanah air tidak luntur.


Full Text:

PDF

References


Diana Sari. 2017. “Cinta Tanah Air Dan Salafus Shalih.” Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan p-ISSN 259(November):64–72.

Ismawati. 2015. “PERAN GURU PKn DALAM MEMBENTUK SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA DI SMA NEGERI 1 MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO.” Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2:887–91.

Komalasari, mahilda dea, and ahmad mabruri Wihaskoro. 2018. “Multimedia Interaktif Bermuatan Keanekaragaman Budaya Indonesia Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar.” Elementary School 5:121.

Kusuma, Wijaya. 2017. Cinta Tanah Air. Yogyakarta : Familia.

Maimunawati, Siti, and Muhammad Alif. 2020. “Peran Guru, Orang Tua, Metode Dan Media Pembelajaran.Pdf.” Banten : 3M Media karya serang.

Masoyang, Tilka, Bonifasius Saneba, and Anthonius Palimbong. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran PKn Melalui Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Di Kelas V SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah.” Kreatif Tadulako Online 2(2):128–41.

Moleong. n.d. “Metodologi Penelitian Kualitatif_Moleong.Pdf.” Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ulifah, Desi, and I. Made Suwansa. 2017. “Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air Pada Peserta Didik Di SMPN 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 08(03):871–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.4603

Article Metrics

Abstract - 714 PDF - 2126

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v2i2.4603.g2608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats