UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER PADA SISWA KELAS IV

Irma Suryani, Nur Latifah

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN SDN Duri Kepa 16 pagi-Jakarta Barat dengan penerapan teori Bruner. 

 

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN SDN Duri Kepa 16 Pagi-Jakarta Barat dengan jumlah 38 siswa, 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober dan berakhir pada bulan Desember 2011.

 

Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode dengan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Maksudnya adalah pada model ini terdapat tahapan-tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting) dan pengamatan (observing), serta refleksi (reflekting). Dan untuk pengumpulan datanya menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dan tabel pengamatan dengan menerapkan teori Bruner.

 

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan teori Bruner. Untuk persentase pemantau tindakan mengalami kenaikkan 7% dari siklus I sampai siklus II. Adapun persentase data pada siklus I yaitu 93% dan persentase data pada siklus II 100%. Selain itu tes hasil belajar matematika mengalami kenaikkan sebanyak 17% yaitu kenaikkan tes hasil belajar pada siklus I 83% menjadi 100% pada siklus II. Pada instrumen tes, hasil ini mencapai target yang diharapkan yaitu sebesar 100% siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan teori Bruner, maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

 

Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui penerapan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD menjadi lebih baik.

 


 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahmad, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta.

Anderson, Lorin W. and Davin R. Krathwol (editor). 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing A Revision of Bloom’s Taxonomy Educational Objectives. United States: Addison Wesley Longman.

Anonim. 1999. Bahan Pelatihan Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ariesandi. 2010. Mathemagics. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. et.al. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.

Atkinson, Rita L. et.al. tanpa tahun penerbitan. Pengantar Psikologi. Batam: Interaksara.

Budinigsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RIneka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri and Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

E. T, Russefendi. 1993. Pendidikan Matematika III. Jakarta: Depdikbud.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Buckingham: Open University Press.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Kurikulum SDN Kedaung Kaliangke 01 Pagi.

Kusumah, Wijaya and Dedi Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno, Elida. 1993. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Depdikbud.

Purwanto, Ngalim. 1996. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sudijono, Anas. 1995. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2008

Suherman, Erman. et.al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer Edisi Revisi. Bandung: Jurusan Matematika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.

Suriasumantri, J.S. 2005. Filsafat Ilmu. Jakarta: Sinar Harapan.

Sutarji, Didi dan Encep Sudirjo. 2008. Pembaharuan dalam PBM di SD. Bandung:UPI PRESS.

Suwarsono. 2002. Teori-Teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan Untuk Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Taufik. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Inti Prima.

Winkel, W.S. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.

www.educare.e-fkipunia.net




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5419

Article Metrics

Abstract - 715 PDF - 496

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v3i1.5419.g2890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats