ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN KELAS IIB SDN JAKASETIA III BEKASI
Abstract
Penelitian ini akan membahas mengenai kemampuan menulis permulaan siswa kelas IIB SDN Jakasetia III. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kemampuan menulis permulaan siswa, mendeskripsikan faktor yang menghambat menulis permulaan siswa, serta upaya guru mengatasi hambatan menulis permulaan siswa. Menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, bahwa kemampuan menulis permulaan siswa secara keseluruhan, terbilang belum maksimal. Mayoritas dari 27 siswa melakukan kesalahan tiap tahapan, yakni tahapan menulis huruf kecil/menulis narasi, tahap menulis huruf kapital pada permulaan kalimat, tahap menulis dengan huruf tegak bersambung, dan tahap menulis ejaan/tanda baca. Kemampuan yang paling dominan siswa adalah menulis dengan huruf tegak bersambung. Faktor yang menghambat kegiatan menulis permulaan siswa, yaitu perkembangan motorik halus, terganggunya persepsi visual dan auditori, serta kemampuan melakukan cross modal. Upaya untuk mengatasi hambatan menulis permulaan siswa dengan perencanaan pengajaran, motivasi siswa, dan guru sebagai pembimbing.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. PT. Rineka Cipta.
Akhyar, F. (2017). Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Textium.
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Media Akademi.
Karli, H. (2015). Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-8 Tahun. Universitas Terbuka UPBJJ Bandung.
Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2017).
Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Media Maxima.
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media.
Muzaki, F. I. (2018). Build Up Students’ Character In Elementary School With Times Sequence Narrative Writing. Jurnal Pena Indonesia, 4(1), 97–104.
Ningsih, N. M. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 31–42.
Oktrifianty, E. (2021). Kemampuan Menulis Narasi di Sekolah Dasar (Melalui Regulasi Diri, Kecemasan, dan Kemampuan Membaca Pemahaman). Jejak.
Permendikbud No 67 Tahun 2013, Jakarta (2013). https://bsnp-indonesia.org/2013/06/permendikbud-tentang-kurikulum-tahun-2013/
Sabillah, B. M., & Wahid, A. (2017). Pendidikan Bahasa dan Sastra Di Kelas Rendah. Literacy Institute.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta
Taufina. (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.5667
Article Metrics
Abstract - 1795 PDF - 1273DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.5667.g3332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats