PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi desain pengembangan media Booklet Digital untuk meningkatkan keterampilan menulis Siswa Di Sekolah Dasar Kelas V SDN 105326 Bangun Rejo . Menguji keefektifan media Booklet Digital untuk meningkatkan keterampilan menulis Siswa Di Sekolah Dasar Kelas V SDN 105326 Bangun Rejo . Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam uji coba adalah siswa kelas V SDN 105326 Bangun Rejo berjumlah 28 siswa . Hasil dalam penelitian ini menguji Keefektifan media pembelajaran Booklet Digital dalam proses pembelajaran terbukti efektif. Hal ini terbukti dengan perbandingan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan normalized gain diperoleh hasil Dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas yaitu nilai signifikan nilai pre test yaitu 0,147 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, dan pada nilai signifikan post test yaitu 0,195> 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. nilai Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 <0,05, yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menggunakan media pembelajaran media Booklet Digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 105326 Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara menunjukkan adanya pengaruh media pembelajaran Booklet Digital untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa sejalan dengan hasil observasi yang dilakukan, selain itu Cronbach's Alpha di peroleh 0,788 yang dimana Cronbach's Alpha > 0,7 , maka data media booklet digital dianggap reliable atau valid.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.6551
Article Metrics
Abstract - 1281 PDF - 963DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i1.6551.g3339
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats