ANALISIS FENOMENA DIDAKTIK MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) MATERI STATISTIKA

Maya Nuralima, Sukirwan Sukirwan, Indhira Asih V. Y.

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui masalah konteksual terkait statistika dan mengetahui lintasan belajar siswa pada materi statistika melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode penelitian ini menggunakan metode design research, proses pelaksanaan penelitian ini meliputi 3 (Tiga) tahap, yakni persiapan percobaan preparing for the experiment), percobaan desain (design experiment) dan analisis retrospektif (Gravemeijer & Cobb, 2006). Akantetapi penelitian kali ini hanya menggunakan siklus I saja (Pilot Experiment)  karena situasi yang tidak memungkinkan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penggunaan konteks covid diharapkan dapat membantu siswa dalam kegiatan berpikirnya untuk menyelesaikan masalah. Hasil analisis ini diketahui bahwa dengan aktivitas membaca data covid, membuat tabel dan diagram serta mengidentifikasi diagram batang dapat membantu siswa dalam memahami konsep pengolahan data. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis fenomena didaktik melalui PMRI materi statistika dikatakan efektif  bagi siswa.


Full Text:

PDF

References


Ahdhianto, E., & Marsigit. (2018). Matematika untuk Sekolah Dasar: Pembelajaran dan Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Media Akademi.

Aprianti, D. A., Karlimah, & Hidayat, S. (2016). Desain Didaktis Pengelompokan Bangun Datar Untuk Mengembangkan Komunikasi Matematis siswa Kelas II Sekolah Dasar. (G. Hamdu, Ed.) Pedadidaktika, 4, 150-158.

Astuti, W., & Wijaya, A. (2020). Learning Traectory berbasis proyek pada materi definisi himpunan. (Sugiman, Ed.) Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7, 254-266.

Dian. (2022, 4 25). Kemendikbud. Retrieved 11 3, 2022, from Radio Edukasi: https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/read/3341/kemendikbudristek-harap-skor-pisa-indonesia-segera-membaik.html

Marsigit, Budhiarti, Novianto, A., Rudyanto, H. E., & Ewo, M. E. (2018). Matematika Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Matematika.

Pamungkas, A. S., Vivi Yandari, I. A., & Sukirwan. (2020). Membangun Hyphotetical Learning Trajectory pada pembelajaran sifat-sifat geometri di sd melalui eksplorasi model-model bangun ruang. (A. S. Pamungkas, Ed.) Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematik, 13, 151-157.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Surya, A., Zulkardi, & Somakim. (2017). Desain Pembelajaran Statistika Menggunakan Konteks Mal di Kelas V. (S. Ahyan, Ed.) Jurnal Elemen, 3, 149-153.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pemebelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syafri, F. S. (2016). Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: UMM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.7240

Article Metrics

Abstract - 389 PDF - 364

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.7240.g3785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats