MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bercerita siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal Bolu Terubuk di SDN Kharyabakti. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis kearifan lokal Bolu Terubuk dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa di SDN Kharyabakti. Hal ini dapat dilihat dari hasil olah data yang diperoleh pada siklus 1, sebanyak 9 siswa dari 19 jumlah seluruh siswa kelas 1 memiliki keterampilan bercerita, sedangkan 10 siswa lainnya belum memiliki keterampilan bercerita, sehingga presentase kemampuan keterampilan bercerita mencapai 45% dengan nilai rata-rata 66.79. Pada siklus 2 hasil olah data yang diperoleh yaitu 17 siswa dari 19 jumlah keseluruhan siswa memiliki kemampuan membaca nyaring dengan presentase 89% dan nilai rata-rata nya adalah 70.26.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8589
Article Metrics
Abstract - 265 PDF - 228DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8589.g4383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats