POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN

Nova Dwi Nur Fauziah, Nanang Khoirul Umam

Abstract


Pola asuh orang tua menjadi kunci utama dalam membentuk karakter disiplin pada anak. Pola asuh penelantaran dan otoriter menjadi pola asuh yang banyak di temukan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan kepada 18 siswa. Peneliti menemukan berbagai hal yang tidak terduga di mana anak lebih menyukai untuk tidak di atur oleh orang tua. Pola asuh merupakan suatu sikap yang di lakukan orang tua dalam berinteraksi dengan anak anaknya.Dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua pada siswa ada berbagai macam mulai dari pola asuh Demokratis, Permisif, Otoriter dan Penelantaran. Dan yang paling dominan atau yang banyak peneliti temukan merupakan pola asuh otoriter dan pola asuh penelataran. Orang tua hanya menuntut tanpa mendampingi anak dalam berproses membentuk karakter disiplin.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8678

Article Metrics

Abstract - 254 PDF - 510

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8678.g4391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats