ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS I SD MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

Lovika Ardana Riswari, Elisa Septiana, Ramdhani Alifatus Saidah

Abstract


Pada umumnya siswa SD kelas rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah. Hal tersebut disebabkan adanya faktor penghambat yang dimiliki siswa yaitu motivasi belajar rendah, kurangnya konsentrasi siswa, dan media pembelajaran yang kurang memadai. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang berada di kelas I SD Desa Payaman dalam menyelesaikan soal matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk biasa maupun soal bentuk cerita. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 siswa kelas 1 SD yang berada di Desa Payaman dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas I SD pada materi penjumlahan dan pengurangan tergolong cukup tinggi. dan terlihat pada kemampuan siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan dan mendapat nilai yang tinggi.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Matematika, Penjumlahan dan Pengurangan


Full Text:

PDF PDF

References


Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237–6249.

Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. JPMM: Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 3(1), 224–231.

Amaliah, F., Sutirna, & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Segiempat dan Segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Teorema, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Karim, B. A. (2021). Revolusi Mental Melalui Pendidikan Islam Berbasis Metode Tazkiyatun Nafs. Education and Learning Journal, 2(1), 10–18.

Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. DIDAKTIKA, 1(2), 230–242.

Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1028–1034.

Latifah, S. (2017). Dampak Kesulitan Belajar Menulis pada Aspek Sosial-Emosi Siswa Kelas 2 di SD Muhammadiyah Bodon Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6, 10–11.

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54.

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Nuraulia, N., Uswatun, D. A., & Nurrochmah, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Soal Kelas II SDN 1 Selabintana. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 247. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14383

Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 1(2), 265–276.

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. IJEE: International Journal of Elementary Education, 3(3), 351–357.

Rahman BP, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar di UNJ.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2022). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis (L. A. Riswari & D. Ermawati (eds.); 1st ed.). Universitas Muria Kudus.

Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609

Sundari, N., Kuswidynarko, A., & Lubis, P. H., (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas II Di SD Negeri 66 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Utari, D. R., Wardana, Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8779

Article Metrics

Abstract - 397 PDF - 85 PDF - 232

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8779.g4380

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8779.g4384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats