HAMBATAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BROSOT

Nurul Insani Putri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan yang ada di SD Negeri 3 Brosot Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Sekolah tersebut mengimplementasikan proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka yang setiap proses pembelajaran melalukan rancangan pembelajaran sedemikian rupa agar apa yang menjadi capaian pembelajaran terwujud termasuk dalam pemulihan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif melalui wawancara untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian.. Hambatan guru dalam penerapan kurikulum merdeka diantaranya ; 1). keterbatasan sarana dan prasarana; 2). heterogenitas siswa di dalam kelas; 3). softskill yang dimiliki guru menjadi kendala karena masih banyak guru yang belum mampu menunjukan kontribusinya dalam cakap berinteraksi berdasarkan tuntutan kurikulum merdeka; 4). Tantangan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka disekolah;. 5). Kendala lain yang dihadapi terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu dalam mengajak guru-guru untuk merubah pemikiran mereka agar keluar dari zona nyamannya.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung:

CV Pustaka Setia

Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19.

Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka

(Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.

Barlian, U.C., dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam

Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research. 1(12), Juli 2022. ISSN: 2807-937X

Sasmita, E., & Darmansyah, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab

Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5545-5549.

Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung

Pendidikan Merdeka Belajar. Mahesa Center, 1(1), 292–301.

Matondang, A. Dkk. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar

ditinjau dari Perspektif Guru Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159–165. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185

Nurcahyono, NA, & Putra, JD (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam

Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan , 6 (3), 377-384.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P.

(2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Sherly , Dharma, E., & Sihombing, H. B. 2020. Merdeka Belajar: kajian literatur.

UrbanGreen Conference Proceeding Library.

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi implementasi program profil pelajar pancasila

di smp swasta sultan agung pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282-289.

Sumarsih, I. dkk. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah

Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5), 2022, 8248 - 8258 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka

Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar.

Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan

Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120-133.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8943

Article Metrics

Abstract - 11650 PDF - 2062

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8943.g4388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats