HAMBATAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 BROSOT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hambatan yang ada di SD Negeri 3 Brosot Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Sekolah tersebut mengimplementasikan proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka yang setiap proses pembelajaran melalukan rancangan pembelajaran sedemikian rupa agar apa yang menjadi capaian pembelajaran terwujud termasuk dalam pemulihan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif melalui wawancara untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian.. Hambatan guru dalam penerapan kurikulum merdeka diantaranya ; 1). keterbatasan sarana dan prasarana; 2). heterogenitas siswa di dalam kelas; 3). softskill yang dimiliki guru menjadi kendala karena masih banyak guru yang belum mampu menunjukan kontribusinya dalam cakap berinteraksi berdasarkan tuntutan kurikulum merdeka; 4). Tantangan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka disekolah;. 5). Kendala lain yang dihadapi terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu dalam mengajak guru-guru untuk merubah pemikiran mereka agar keluar dari zona nyamannya.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung:
CV Pustaka Setia
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19.
Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka
(Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Barlian, U.C., dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research. 1(12), Juli 2022. ISSN: 2807-937X
Sasmita, E., & Darmansyah, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab
Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 5545-5549.
Hasibuan, H. A. (2022). Peran Modul Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mendukung
Pendidikan Merdeka Belajar. Mahesa Center, 1(1), 292–301.
Matondang, A. Dkk. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar
ditinjau dari Perspektif Guru Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 159–165. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185
Nurcahyono, NA, & Putra, JD (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam
Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan , 6 (3), 377-384.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P.
(2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Sherly , Dharma, E., & Sihombing, H. B. 2020. Merdeka Belajar: kajian literatur.
UrbanGreen Conference Proceeding Library.
Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi implementasi program profil pelajar pancasila
di smp swasta sultan agung pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282-289.
Sumarsih, I. dkk. 2022. Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah
Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(5), 2022, 8248 - 8258 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka
Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar.
Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan
Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120-133.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8943
Article Metrics
Abstract - 26366 PDF - 4396DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.8943.g4388
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats