ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALIMAT MATEMATIKA DI KELAS IV SD
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji pemahaman siswa sekolah dasar khususnya pada kelas IV terkait kemampuannya dalam menyelesaikan soal kalimat matematika. Pendekatan deskriptif kualitatif di gunakan dalam penelitian ini dengan mengambil subjek penelitian dari 24 siswa kelas 4 SD Negeri 2 Mayong Lor. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 12 subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling . Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi untuk mengumpulkan data guna menguji sejauh mana kemampuan siswa sekolah dasar dalam memecahkan soal cerita matematika. Studi ini menemukan bahwa 9 siswa sangat mahir dalam memecahkan soal matematika, dan 3 siswa lainnya cukup mahir dalam memecahkan soal matematika.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003
Listiawati, E. (2016). Pemahaman Siswa Smp Pada Masalah Kalimat Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 26–35. https://doi.org/10.31597/ja.v2i2.114
Listiawati, E. (2018). Analisis Pemahaman Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Masalah Kalimat Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 10–18. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/289
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 431–439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807
Rahmawati, N. D. (2022). Pemecahan Masalah Literasi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=gul4EAAAQBAJ
Nugraha, A., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal on Education, 01(02), 179–187.
Rahmadani, E., & Sirait, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4 Tahun 2020 , September, 28–36.
Riswari, L. A., & Ernawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9082
Article Metrics
Abstract - 638 PDF - 295DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9082.g4386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019
View My Stats