ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALIMAT MATEMATIKA DI KELAS IV SD

Intan Suryaningsih, Anggieta Yesenia Nirwana, Lovika Ardana Riswari

Abstract


Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkaji pemahaman siswa sekolah dasar khususnya pada kelas IV terkait kemampuannya dalam menyelesaikan soal kalimat matematika. Pendekatan deskriptif kualitatif di gunakan dalam penelitian ini dengan mengambil subjek penelitian dari 24 siswa kelas 4 SD Negeri 2 Mayong Lor. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 12 subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling . Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi untuk mengumpulkan data guna menguji sejauh mana kemampuan siswa sekolah dasar dalam memecahkan soal cerita matematika. Studi ini menemukan bahwa 9 siswa sangat mahir dalam memecahkan soal matematika, dan 3 siswa lainnya cukup mahir dalam memecahkan soal matematika.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Listiawati, E. (2016). Pemahaman Siswa Smp Pada Masalah Kalimat Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 26–35. https://doi.org/10.31597/ja.v2i2.114

Listiawati, E. (2018). Analisis Pemahaman Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Masalah Kalimat Matematika. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 10–18. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/289

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 431–439. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Rahmawati, N. D. (2022). Pemecahan Masalah Literasi Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=gul4EAAAQBAJ

Nugraha, A., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear. Journal on Education, 01(02), 179–187.

Rahmadani, E., & Sirait, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4 Tahun 2020 , September, 28–36.

Riswari, L. A., & Ernawati, D. (2023). Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9082

Article Metrics

Abstract - 190 PDF - 84

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9082.g4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats