HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SDS ASDU KABUPATEN TANGERANG

Zahra Hanifah, Sa'odah Sa'odah, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDS ASDU (Anak Sholeh Dambaan Umat) Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif survei.  Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS ASDU (Anak Sholeh Dambaan Umat) Kabupaten Tangerang yang berjumlah 37 siswa yaitu kelas V A yang berjumlah 19 siswa dan kelas V B yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis yang dilakukan melalui perhitungan koefisien korelasi dengan rumus uji t, dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,426 dan ttabel = 1,689, dengan demikian thitung = 3,426 > ttabel = 1,689 berarti signifikan. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka jenis hipotesis diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V di SDS ASDU (Anak Sholeh Dambaan Umat) Kabupaten Tangerang

Full Text:

PDF PDF

References


Endra, F. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Febriana, T. F., & Rahmasari, D. (2021). Gambaran Penerimaan Diri Korban Bullying. Jurnal Penelitian Psikologi, 8, 2.

Hutagalung, R. A. (2020). Metode Praktis Belajar Statistika. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia.

Mertha Jaya, I. M. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori, Penerepan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Muhaemin, & Fitrianto, Y. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Rahmi, P. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Interpersonal. 49–51.

Rukayah, Asriadi, & Husnah, R. T. (2022). Verbal Bullying Kaitannya dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 295.

Saifuddin, A. (2022). Psikologi Umum Dasar. Jakarta: Kencana.

Saputra, D. N., Listyaningrum, N., Apriani, Rokhayati, T., Asnah, & Leuhoe, Y. J. I. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian. CV. Feniks Muda Sejahtera: Palu.

Setya Umara, T. W., Damawanti, E. N., & Arwansyah, Y. B. (2020). Dampak Verbal Bullying Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Gendol VI Seyegen Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5, 35–36.

Syurfah, A. (2017). Multiple Intelligences For Islamic Teaching. Jakarta: Cerdas Interaktif, Perum.

Ulul Azmi, I., Nafi’ah, Thamrin, M., & Akhwani. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, 3551–3558.

Wijaya, H., Arismunandar, & Gani, H. A. (2021). Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter. Sekolah Tinggi Theologi Jaffray: Makassar.

Zainuddin, M. (2020). Metodologi Penelitian Kefarmasian dan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & PPM, 4, 129–389.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9337

Article Metrics

Abstract - 204 PDF - 43 PDF - 132

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9337.g4389

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9337.g4390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. © All rights reserved 2019

View My Stats