ANALISIS PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI SAMAKKEE ISLAM WITTAYA SCHOOL SATUN THAILAND
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan disiplin belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Islam di Samakkee Islam Wittaya School Satun Thailand Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi sekolah-sekolah Islam di Thailand Selatan dalam mempertahankan identitas mereka di tengah lingkugan yang mayoritas beragama Buddha atau non-Muslim. Serta pengaruh dari kebijakan pemerintah untuk mendaftarkan lembaga Pendidikan Islam ke akta rongrian rat son sasna Islam. Kebijakan ini menimbulkan pro-kontra di kalangan masyarakat Islam Thailand Selatan dan mereka merasa kebijakan tersebut membatasi proses Pendidikan Islam secara bebas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa, Samakkee Islam Wittaya School menerapkan disiplin belajar pada pembelajaran Pendidikan Islam melalui pembiasaan. Seperti halnya apel pagi harian, tadarus Al-Qur’an di setiap jam pertama mata pelajaran, sholat duha, dan sholat dzuhur berjama’ah. Selain itu, metode reward dan punishment diterapkan untuk mendorong perilaku disiplin dan memberikan efek jera bagi siswa yang melanggar aturan. Hasil penelitian menunjukan terjadinya perkembangan disiplin belajar yang signifikan dari tahun 2018 sampai tahun 2024. Hal itu disebabkan oleh faktor instrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik diantaranya adalah faktor psikologis dan fisiologis. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor sosial dan non-sosial.
Full Text:
PDFReferences
Almanhaj, “Keutamaan Orang Yang Berilmu Dan Mengajarkannya” artikel diakses pada 12 Agustus 2024 dari https://almanhaj.or.id/12674-keutamaan-orang-yang-berilmu-dan-mengajarkannya-2.html#_ftnref3
Arisman, "Historikal Islam Asia Tenggara," (Yogyakarta: Kalimedia, 2017)
Aslan, Hifza, dkk., 2020. Dinamika Pendidikan Islam di Thailand Abad 19-20. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 No 1, 38-54
Azizah, Fahyuni, 2019. Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa di Watnatham Islam School Panare Pattani Thailand Selatan. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 14, No. 2, 437-462.
Bahasa, B. P. (2016). kemdikbud.go.id. Retrieved from kbbi.kemdikbud.go.id: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/belajar
Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam. (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2017).
Bukhori, "Matan Bukhori Bihasyiah as-Sindi", (Indonesia: Perpustakaan Arab Dar Al-Kitab),
Embassy, R. T. (2019 , September Senin). riyadh.thaiembassy.org. Retrieved from https://riyadh.thaiembassy.org/: https://riyadh.thaiembassy.org/th/page/29025-muslim-in-thailand-2?menu=5d80b46615e39c0a50006465
Fitri, dkk. Monitoring Peran Guru Piket dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 2 No. 2: 34-38. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i2.302.
Hardiyanta Sunu, “Disiplin Tubuh Bengkel Individu Modern”, (LKiS: Yogyakarta, 2021)
Hilmin, Lateh, Arifin, 2024. Pendidikan Islam di Thailand dan Indonesia (Analisis Perbandingan Kurikulum dan Pendanaan Pendidikan), Jurnal Studi Islam Indonesia, Vol. 1 No. 1, 297-332
Isma Al-Nahooda, “Implementasi Pendidikan Akhlak Pada Siswa Menengah SMP (Mattayumton) Samakkee Islam Wittaya School Satun Selatan Thailand Tahun 2017/2018” (Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2018).
Jaya, T., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30-35
Nurhidayat. 2020. Muslim Milenial dan Gerakan Ekonomi Islam Indonesia. Mizan: Journal of Islamic Law, Vol. 4 No. 1, 131-140.
Pribadi, R. A. 2021. Analisis Strategi Penguatan Disiplin Belajar Siswa SD Melalui Metode Reward dan Punishment. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9564-9571.
Riadi, Dayun, Ilmu Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)
Sarnoto, A. Z., & Akbar, M. M. . (2022). IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT PADA JENJANG SEKOLAH DASAR PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 11(2), 17-28.
Sukmawati, dkk. embentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru Dan Pembiasaan Murid SIT Al-Biruni Jipan Kota Makassar, Education and Human Development Journal, vol. 5, no. 1, 91-99. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1453
Syaqila, dan Rahman. Peran Mahasiswa FAI UMSU dalam Penguatan Karakter Beragama dan Meningkatkan Hubungan Internasional Berbasis Program KKN Internasional di Thailand. Journal on Teacher Education Vol. 5 No. 3: h. 253-260. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26951.
Utami, M. P., & Sofiyah, A. (2023). Peran Guru Piket terhadap Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Lampung Utara . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1988–1997.
https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.2100
Wawancara dengan Firman Budianto, Tangerang, 01 Februari 2024, pkl 13.40
Wawancara Pribadi dengan Isma Al-Nahooda melalui Media Google Meet, Tangerang, 8 Juli 2024, pkl. 16.49
Wawancara pribadi dengan Trio Rhoma Budianto melalui Media Google Meet, Tangerang, 11 Juli 2024, pkl. 21.11
-----, "อิสลามวิทยา, facebook.com". artikel diakses pada 20 Juli 2024 dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100041282776736
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v20i2.12685
Article Metrics
Abstract - 43 PDF - 17Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.