PERAN GURU PAI DALAM PENANAMAN NILAI ISLAM SISWA ISLAM WITTAYA SCHOOL THAILAND

Hilwa Nurululya Hafidzulhaq, Erpin Harahap, Al Irsyadiyah Al Irsyadiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam penanaman nilai-nilai Islami pada siswa SMA di Sekolah Islam Wittaya, Thailand. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan sebagai upaya terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh, meliputi aspek spiritual, intelektual, moral, dan keterampilan. Pendidikan Islam menekankan pembentukan karakter dan akhlak mulia berdasarkan Al-Qur'an dan hadis, dengan guru PAI berperan sebagai pengajar, teladan, serta pembina karakter siswa yang beragam latar belakangnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan kepala sekolah, guru PAI, dan siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan dalam membiasakan adat keagamaan, membangun budaya religius sekolah, serta meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Guru PAI juga menghadapi tantangan dalam menanamkan nilai Islami pada siswa yang memiliki kebiasaan kurang disiplin dan beragam karakter. Namun, melalui pembiasaan kegiatan keagamaan, keteladanan, dan pembinaan intensif, guru PAI mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan akhlak, kedisiplinan, dan kemampuan keagamaan siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran multifungsi guru PAI dalam membentuk generasi Muslim yang berkarakter dan berakhlak mulia di lingkungan minoritas Muslim Thailand Selatan.

Kata Kunci: Guru PAI, Nilai Islami, Karakter Siswa, Sekolah Islam Wittaya, Thailand




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v21i1.13975

Article Metrics

Abstract - 45 PDF (Bahasa Indonesia) - 34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats