IMPLEMENTASI KONSEP MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN PERPSEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Ety Kurniyati

Abstract


Manajemen mutu dalam pendidikan Islam lebih populer dengan sebutan istilah Total Quality Management(mutu terpadu). Dalam implementasi manajemen mutu pendidikan Islam ada beberapa hal yang harus dicermati: Perbaikan Terus Menerus, Menetapkan Standar Mutu, Organisasi yang berubah. Peningkatan mutu harus dilakukan secara menyeluruh berdasarkan ukuran, kadar, ketentuan dan penilaian tentang kualitas sesuatu barang maupun jasa (produk) sesuai dengan kepuasan pelanggan. Pemanfaatan tersebut dilakukan melalui kerjasama secara efektif, efisien, dan produktif untuk mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat.

Full Text:

PDF

References


Ara Hidayat dan Iman Machlai. Pengelolaan pendidikan konsep, prinsip dan aplikasi dalam pengeloaan sekolah Madrasah Yogyakarta: Kaukaba 2012

Achmadi. Idiologi Pendidikan Islam: Paradigma Humansime Teosentris Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010. A. Rusdiana, Karakteristik, Strategi, Dan Petunjuk Penerapan Inovasi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia. 2014.

Aulia Reza Bastian, Reformasi Pendidikan: Langkah-langkah Pembaharuan dan Pemberdayaan Pendidikan Dalam Rangka Desentralisasi Sistem Pendidikan Indonesia, Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama, 2002

Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011

Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010

Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010, cet. II

Bourke D. Piper. Quality Management in Universities Canberra: Australian Government Publishing Service, 2003, Conny R. Semiawan, dan Soedijarto. 2009. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad XXI, Jakarta: PT. Grasindo, 2009 Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. Total Quality Management, Yogyakarta: Penerbit Andi 2001, 2008.

Jerome S.Arcaro. Pendidikan Berbasis Mutu: Perinsip-Perinsip Perumusan Data Tata Langkah Penerapan Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Jerry H. Makawimbang, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: CV Alfabeta, 2011

M. Quraish Shihab. Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudlu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1996.

Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan,Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2008.

Muhammad Elyasin dan Nanik Nurhati. Manajemen Pendidikan Islam Yogyakarta Adiya Media Publishing, 2012

Oemar Hamalik. Manajemen Pengembangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosda Karya,2010.

Pierre M. Campanella dan C. N. Simar., Definition of Quality of Service,New York: SeQuin the National Research & Education Network, 2001,




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1363

Article Metrics

Abstract - 1661 PDF - 1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang