DASAR KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM

Hikmat Kamal

Abstract


Kepemimpinan diperlukan memiliki teladan yang menjadi model ideal pemimpin, Rasulullah SAW dikaruniai empat sifat utama, yaitu: Sidiq berarti jujur dalam perkataan dan perbuatan, Amanah berarti dapat dipercaya dalam menjaga tanggung jawab, Tablig berarti menyampaikan segala macam kebaikan kepada rakyatnya dan Fathonah berarti cerdas dalam mengelola. Agar tujuan pendidikan Islam bisa dicapai sesuai dengan yang diharapkan maka diperlukan adanya kepemimpinan yang mampu membuat perencanaan yang baik, mengorganisir, menggerakkan, dan melakukan kontrol serta mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Islam memberikan dasar-dasar normatif dan filosofis tentang kepemimpinan yang bersifat komprehensip dan universal. Tidak hanya untuk umat Islam tapi juga untuk seluruh umat manusia.

Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004)

Hadari Nawawi. Administrasi Pendidikan (Jakarta: CV. Haji Mas Agung 1997)

Muhamad Mu’iz Raharjo, Manajemen Sumber Daya Manusia yang Unggul, Cerdas, & Berkarakter Islami, (Yogyakarta: Gava Media, 2011).

Sudarwan Danim. Visi Baru Manajemen, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Sutopo Hadiyat dan Wasty, Kepemimpinan yang afektif (Yogyakarta: Gajah Mada University 1998)

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, (Jakarta: Grasindo Gramedia, Widia Sarana Indonesia, 2002).

Veithza Rivai, Kiat Memimpin Abad 21, (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2004)

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Grafindo Persada 1999)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1365

Article Metrics

Abstract - 2516 PDF - 1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats