STRATEGI PEMBELAJARAN KARAKTER KERJA KERAS

Ismail Marzuki, Lukmanul Hakim

Abstract


Pendidikan menjadi unsur penting yang dalam pembentukan pola kehidupan masyarakat. Konsep pendidikan akhlak, moral, etika dan budi pekerti merupakan pendidikan yang selalu menjadi dasar, baik secara formal maupun non formal. Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga Negara yang baik. Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia telah merumuskan delapan belas nilai-nilai yang ditanamkan dalam diri warga Indonesia, khususnya siswa, dalam upaya membangun dan menguatkan karakter bangsa. Salah satu dari delapan belas nilai karakter tersebut yaitu kerja keras. Pendidik harus mampu mendesain untuk mewujudkan atau membentuk peserta didik menjadi pribadi yang memiliki karakter kerja keras melalui pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Abu Daud. Sunan Abi Daud. (Mesir:

Maktabah Syarikah wa Matba‟ah al-

Musthafa, 1952).

A, Doni Koesoema. Pendidik Karakter

Strategi Mendidik Anak di Zaman

Global, (Jakarta: Grasindo, 2007).

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu

Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka

Cipta, 2003).

al-Asfahani Al-Ragib, Mu‟jam Mufrodat

al-Fadhil al-Qur‟an, (Lebanon: Dar

AlKotob Al-ilmiyah, 2008).

Amin, Maswardi Muhammad. Pendidikan

Karakter Anak Bangsa, (Jakarta:

Baduose, 2011).

Amri, Sofan dkk. Implementasi Pendidikan

Karakter Dalam Pembelajaran,

(Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011).

Arifin, Anwar. Memahami Paradigma

Baru Pendidikan Nasional, (Jakarta:

Ditjen Kelembagaan Agama Islam

Depag, 2003).

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat

Kurikulum dan Perbukuan

KEMDIKNAS, Pedoman

Pelaksanaan Pendidikan Karakter,

(Jakarta: Puskurbuk, 2011).

Character First, dikutip dan diterjemahkan

oleh Muchlas Samani dan Hariyanto,

Konsep dan Model Pendidikan

Karakter.

Elfindri dkk, Pendidikan Karakter

Kerangka, Metode, dan Aplikasi

untuk Pendidik dan Profesional,

(Jakarta: Baduose Media, 2012).

Ibn 'Asyur, al-Tahrir wat-Tanwir, (al-

Maktabah asy-Syamilah), jilid 8

Kementrian Pendidikan Nasional 2009,

dikutip oleh Muchlas Samani dan

Hariyanto, Konsep dan Model

Pendidikan Karakter.

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur‟an

Badan Litbang dan Diklat

Kementerian Agama RI, Kerja dan

Ketenagakerjaan (Tafsir Al-Qur‟an

Tematik), (Jakarta: Aku Bisa, 2012)

Majid, Abdul dan Dian Andayani.

Pendidikan Karakter Prespektif

Islam, (Bandung: Rosda Karya,

.

Masjkoery, Qohar dkk. Pendidikan Agam

Islam, (Jakarta: Gunadarma, 2003).

Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep

dan Model Pendidikan Karakter,

(Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

.

Mudyaharjo, Redja. Pengantar

Pendidikan, (Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada, 2008).

Mulyasa, H. E. Manajemen Pendidikan

Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara,

.

Mulyasa, H. E. Manajemen Pendidikan

Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara,

.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter,

Menjawab Tantangan Krisis

Multidimensional, (Jakarta: Bumi

Aksara, 2011).

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah:

Pesan, Kesan dan Keserasian Al-

Qur‟an, (Jakarta: Lentera Hati, 2006)

Narwanti, Sri. Pendidikan Karakter,

(Yogyakarta: Familia, 2011).

Nuh, Muhammad. Kerangka Acuan

Pendidikan Karakter Tahun

Anggaran 2010, (Jakarta: Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi

Kementerian Pendidikan Nasiona,

.

Prayitno dan Belferik Manullang,

Pendidikan Karakter dalam

Pembangunan Bangsa, (Jakarta: PT

Grasindo, 2011).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan

Nasional, KBBI (Kamus Besar

Bahasa Indonesia), (Jakarta: Pusat

Bahasa, 2008).

Ramadhan, Syahrul. Kamus Ilmiah

Populer, (Surabaya: Khazanah

Media Ilmu, 2010).

Said Hamid Hasan dkk, Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa, (Jakarta: BPP Puskur

Kemdiknas, 2010).

Syah. Muhibbin. Psikologi Pendidikan,

(Bandung: Remaja Rosdakarya,

Wina Sanjaya. 2008. Kurikulum dan

Pembelajaran. (Jakarta: Kencana).

Wuryanto, Agus. 2011. “Panduan Guru:

Pendidikan Karakter Terintegrasi

dalam Pembelajaran Matematika

SMP”.

Yunus, Filsafat Pendidikan, (Bandung:

Citra Sarana Grafika, 1999).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370

Article Metrics

Abstract - 5889 PDF - 5450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang