INOVASI KURIKULUM KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN

Zul kifli

Abstract


Dalam pengembangan kurikulum, banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum mengambil suatu keputusan. Apapun jenis kurikulumnya, pasti memerlukan asas-asas yang harus dipegang. Asas-asas tersebut cukup kompleks dan tidak jarang memiliki hal-hal yang bertentangan sehingga memerlukan seleksi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Mas’ud, Intelektual Pesantren, Perhelatan Agama dan Tradisi (Terjemah), Yokyakarta: LkiS, 2004.

Ahmad Zaini, Dunia Pemikiran Kaum Santri, Yogyakarta: LKPSM NU DIY, 1995

Adi A, MA. Peran Pesantren Dan Santri Menghadapi Era Globalisasi, dalam majalah Al- Bashiroh, Edisi 07, Pasuruan: PP. Darullughah Wadda’wah, Tt, 8.

Akhyak, Meniti Jalan Pendidikan Islam, Yokyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2003

Jamal Ma’mur Asmuni, Dialektika Pesantren dengan Tuntunan Zaman, dalam Abdul Munir Mulkhan, Menggagas Pesantren Masa Depan; Perhelatan Agama dan Tradisi, Yokyakarta: Qirtas, 2003.

Lektur: Jurnal Komunikasi Perguruan Tinggi, Pesantren dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat, Ditbim Perta, Depag RI dan PPIM Jakarta, Vol. II, No. 1, 1998

M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Muri Yusuf M., Statistik Pendidikan, Padang: Angkasa Raya, 1987.

Moleong Lexy J., Metodologi Penetian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Marzuki, Metodologi Research, Yokyakarta: Fakultas Ekonomi, 1983.

Nazir Moh. Ph. D, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999.

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yokyakarta: Rake Sarasin, 1996

Poerdarminto. Kamus Umum Bahasa Indonesia, jakarta: Balai Pustaka, 1993

Riduwan, Metode dan Keknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta, 2007

Suyoto, Pondok Pesantren dalam Alam Pendidikan Nasional, dalam M. Dawam Raharjo, Pesantren dan Pembaharua Hanafi, Muchlis. 2013. Moderasi Islam Menangkal Redikalisme Berbasis Agama. Ciputat. Ikatan Alumni Al-Azhar dan Pusat Studi Al-Quran.

Hanik, Umi. 2011. Implementasi Total Quality Management(TQM) dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Semarang. Ra SAIL Mesia Group.

Irawan Aguk. 2012. Penakluk Badai Novel Biografi KH Hasyim Asyari. Depok. Global Media Utama.

Musthafa, Bachrudin. 2008. Dari Literasi Dini ke Literasi Teknologi. Jakarta. Yayasan CREST.

Muthahhari, Murtadha. 2010. Pengantar Episttemologi Islam Sebuah Pemetaan dan Kritik Epistemologi Islam atas Paradigma Pengetahuan Ilmiah dan Relevansi Pandangan Dunia (terj) Muhammad Jawad Bafaqih. Jakarta. Sadra Press.

Mulyana, Rohmat. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung. Alfabeta.

Mutohar, Ahmad dan Anam, Nurul. 2013. Manifesto Modernisasi Pendidikan Islam & Pesantren. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Naquib Al-Attas, Muhammad. 2011. Islam dan Sekularisme (terj.) Khalif Muammar. Bandung. Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Ihsan (PIMPIN).

Octavia, Lanny, dkk. 2014. Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren. Jakarta. Rumah Kitab dan renebook.

Patoni, Ahmad. 2007. Peran Kiai Pesantren dalam Partai Politik. Yogyakarta. Puataka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1372

Article Metrics

Abstract - 324 PDF - 528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang