APLIKASI PERBANKAN DAN PERSOALAN RIBAWI DALAM ISLAM MENUJU APLIKASI PERBANKAN BEBAS RIBAWI

Dhany Hermawan

Abstract


Perbankan adalah sebuah institusi keuangan yang membantu perekonomian masyarakat dan pusat agar hal ini tetap berjalan, dan sejalan dengan perbankan nasional, perbankan keislaman menghadirkan nafas segar untuk keberadaan perbankan pusat nasiona. Bagaimanapun, lingkungan menghadapi lagi isu Riba dan Bungan Bank yang selalu dapat diperdebatkan. Untuk itu, dalam hal ini akan didiskusikan tentang perbedaan antara Bunga dan Riba itu sendiri dalam pandangan Islam, sehingga masyarakat bisa memahami bagaimana sistem perbankan Islam yang ada sekarang, lalu nanti akan didiskusikan dalam perbankan keislaman dan masalah ekonomi dalam masyarakat yang berhubungan dengan perbankan konvensional dan perbankan Islam yang tumbuh dengan cepat dalam lingkungan masyarakat, jadi bisa mengetahui bagaimana sistem perbankan berjalan dalam kesesuaian dengan kondisi dan keberadaan yang optimal dalam pembangunan ekonomi saat ini, keduanya baik dalam hal prinsip - prinsip dan produk - produk perbankan Islam, termasuk bunga, riba dan lingkungan kita.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Setiawan, Riba dalam Transaksi Bisnis, (25 Mei 2008) Antonio, Syafi’i, 2004, Bank Syariah, dari Teori dan Prkatek, Gema Insani, Jakarta Antonio, Syafii, Riba dalam Perspektif Agama dan Sejarah, (12 Februari 2008) http://agustianto.niriah.com/2008/04/11/konsep-uang-dalam-ekonomi-islam/ (18 April 08) Karim, Adiwarman, A, 2007, Bank Islam, Analisis Fiqih dan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Mannan. Abdul, 1997, Teori Dan Praktek Ekonomi Islam, PT. Dana Bhakti Wakaf, Yogyakarta Muhammad, 2002, Manajemen Bank Syariah, UPP AMP YKPN, Yogyakarta Muhammad, 2000, Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah, UII Press, Yogyakarta Qardhawi, Yusuf, 2001, Bunga Bank. Cetakan pertama, Akbar Media Eka Sarana, Jakarta Roy Davies dan Glyn Davies, 1996, dalam buku “A History of Money from Ancient Time to the Present Day” Sudarsono, Heri, 2004, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Deskripsi dan Ilustrasi, edisi 2. Ekonisia, kampus Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta Sudin Haron, 1997, Islamic Banking: Rules and Regulations, Pelanduk Publications, Petaling Jaya Sutan Remy Syahdeini, 1999, Perbankan Islam dan Kedudukanya dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia, Grafiti, Jakarta Taqiyuddin, Abu Bakar, al-Husaini, 1997, Khifayatul Akhyar, Bina Ilmu, Surabaya Tim Indonesia School of Life (ISOL), Prinsip Dasar Produk Perbankan Syariah, dalam, (23 Mei 2008) Tim redaksi, 1994, Ensiklopedi Hukum Islam, PT. Ikhtiar Baru, Van Hoeve, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i1.1375

Article Metrics

Abstract - 718 PDF - 1366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang