KONSEP KASIH SAYANG DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 4 KOTA TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Bagaimana konsep kasih sayang menurut QS. Luqman ayat 16-17. 2) Mengapa kasih sayang seorang pendididik sangat penting terhadap peserta didik. 3) Bagaimana konsep kasih dalam Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pembelajaran PAI di SMPN 4 Kota Tangerang, Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yakni hanya mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena-fenomena yang terjadi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Konsep kasih sayang yang dilakukan Luqman Al-Hakim terhadap anaknya agar anaknya membentuk manusia yang beriman, Islam, dan berakhlaq. Konsep kasih sayang Luqman terhadap anaknya inilah yang dapat menjadi contoh bagi pendidik untuk melakukannya dikehidupa sekolah terhadap peserta didik. 2) Kasih sayang pendidik sangat penting, karena berdampak terhadap hasil pembelajaran yang diciptakan. Pembelajaran efektif tidak mampu diciptakan adanya kasih sayang dari seorang pendidik terhadap peserta didik. 3) Konsep kasih sayang dalam Al-Qur’an dan relevansinya terhadap pembelajaran PAI diantaranya: pendidik yang meggunakan kasih sayang dalam pembelajaran ataupun diluar pembelajaran akan menumbuhkan sebuah kedekatan atau hubungan baik, kasih sayang pendidik terhadap peserta didik sangat berpengaruh terhadap minat dan motivasi belajar, kasih sayang dapat memperbaiki aspek sosial dan aspek emosional peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Anwar, Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia. (Jakarta: Pustaka Indonesia, 2017).
Gunawan, Imam,Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik,(Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016), Cet. Ke-4 h.80
Helaluddin dan Hengki Wijaya, Analisis Data Kualitatif, (Makassar, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2019), Cet. Ke-1h. 22.
Hidayat, Wijaya, Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam,(Medan: LPPPI, 2017)
Ismail, ”Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran”,No.2/TH. Ke-4, Juli 2015.
Rahmatullah, Azam Syukur, “Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang Dan Kontribusinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam”Literasi No.1/TH. Ke-66 Juni2014, h.29
RamliM, Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. No. 5 (Januari, 2015),h. 67.
Resti,Wahyuni,“Penerapan Konsep Kasih Sayang Di Sekolah Rendah Islam Alor Setar Kedah Malaysia. Pekanbaru,” (Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Riau ,2019).
Syaikh Syakir,Ahmad, Tafsir Ibn Katsir,(Jakarta: Darus Sunnah Press, 2014), Cet. Ke-2 h. 114, 215 dan 219.
Tafsir, Ahmad, Konsep Pendidikan Dalam Islam,(Bandung: Mimbar Pustaka, 2016)
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v20i2.12931
Article Metrics
Abstract - 137 PDF - 32Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.