MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MENURUT AL-QUR’AN
Abstract
Abstrak:
Dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran diperlulan adanya model pemebelajaran yang memiliki ciri raasional teoritik logis, landasan pemikiran. tingkah laku mengajar, lingkungan belajar. Model pebelajaran al- qur’an meliputi sebuah komponen konsep pendidikan Islam, yang ditopang dengan pola pendidikan Rasulullah saw, sahabat Nabi dan ijtihad para ulama. Ayat-ayat yang digunakan dalam memilih pendekatan pembelajaran. diantara; Pendekatan akal atau ma’rifi. Pendekatan induksi (hukum yang bersifat umum). Pendekatan deduksi. Pendekatan Emosi. pendekatan yang dilakukan untuk menggugah daya rasa atau emosi peserta didik agar mampu meyakini, memahami dan mengahayati materi yang disampaikan). Pendekatan Ifradi (dilakukan untuk memberikan perhatian kepada peserta didik dengan karakter yang berbeda).
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pendidikan dan al-Qur’an
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i2.1797
Article Metrics
Abstract - 7380 PDF - 8268Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.