DASAR DAN KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Achmad Fauzi

Abstract


Dasar dan Konsep Manajemen Pendidikan Perspektif Al-Qur’an adalah Konsep manajemen yang berorientasi pada; 1) Fleksibel, Manajemen dikatakan fleksibel apabila manajemen itu dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan kondisi. 2) Efektif-efisien, Suatu manajemen pendidikan dikatakan efektif-efisien jika mempunyai ciri:Tujuan yang jelas, Mengkreasikan alternatif-alternatif, Mengoptimalkan sumber-sumber pendidikan, Memperoleh hasil pendidikan, Meningkatkan keuntungan pendidikan. 3) Terbuka, terbuka kesempatan kepada semua pihak, terutama staf untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya baik dalam jabatan maupun bidang lainnya. 4) kooperatif dan partisipatif, diperlukan adanya manajer yang handal yang mampu membuat perencanaan yang baik, mengorganisir, menggerakkan dan melakukan kontrol serta tahu kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan peluang (opportunity) dan ancaman (theat) hendaknya sesuai maka orang yang diberi amanat untuk memenaj lembaga pendidikan Islam sesuai dengan ajaran al-Qur’an.

 

Kata Kunci: Dasar, Konsep, Menajemen, al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an al-Karim.

Bukhari, al-. T.T. Shahîh Bukhari: Kitâb al-Janâiz. Kairo: Dâr al-Hadîts.

Hendiat Soetomo dan Wasti Sumanto, Pengantar Operasional Administrasi Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, 2002

Melayu Hasibuan, Manajemen Dasar: Pengertian dan Masalah, Jakarta: CV Haji Mas Agung, 1989

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2005

M. Ahmad Abdul Jawwad, Manajemen Rasulullah; Panduan Sukses Diri dan Oerganisasi, Terj. Khozin Abu Faqih Bandung: PT Syamil Cipta Media, 2006

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v15i2.1798

Article Metrics

Abstract - 1455 PDF - 2151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang