IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MA ANNIDA AL ISLAMY)

Lukmanul Hakim, Siti Anis Musaropah, Erpin Harahap

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai usaha untuk mengetahui penerapan manajemen peserta didik di Lembaga Pendidikan Islam, lebih tepatnya yaitu Madrasah Aliyah Annida Al Islamy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen peserta didik di MA Annida Al Islamy. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi manajemen pserta didik di MA Annida Al Islamy sudah sesuia dengan indicator manajemen pserta didik, terlaksana seperti halnya: 1) Analisis kebutuhan peserta didik, 2) proses rekrutmen dan seleksi peserta didik, 3) orientasi, 4) proses pengelompokan peserta didik terlaksana, 5) proses pembinaan dan pengembangan siswa, 6) pencatatan dan pelaporan, dan 7) kelulusan dan alumni. Disimpulkan bahwa secara umum MA Annida Al Islamy telah melaksanakan manajemen peserta didik sesuai dengan indicator manajemen peserta didik. 

References


Asiah, Nur dan Ahmad Isnaeni, “Inklinasi Masyarakat Muslim Kelas Menengah terhadap Sekolah Dasar Islam Terpadu di Bandar Lampung”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, No. 2 (2018).

Baharuddin dan Moh. Makin, Manajemen Pendidikan Islam, (Malang: UIN-Malikii Press, 2010).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1997).

Irawan, Bambang dan Zainal Berlian, “Implementasi Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Palembang”, Studi Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2, 2020.

Mustofa, Bisri dan Ali Hasan, Pendidikan Manajemen, (Jakarta: Multi Kreasi SatuDealapan, 2010).

Rifa’i, Muhammad, Manajemen Peserta Didik (Pengelolaan Peserta Didik untuk Efektivitas Pembelajaran), (Medan: Widya Puspita, 2018).

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).

Suwardi dan Daryanto, Manajemen Peserta Didik, (Yogyakarta: Gava Media, 2017).

Widodo, Hendro dan Etyk Nurhayati, Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah, dan Pesantren, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2020).

Yuliyati, Erlina, “Implementasi Manajemen Peserta Didik Kelas Menengah Muslim di SMP IT Bina Umat Yogyakarta”, Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 1, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i1.7862

Article Metrics

Abstract - 608 PDF (Bahasa Indonesia) - 431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang