KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN

moh Aman

Abstract


Abstrak

Keberhasilan pendidikan tidak tergantung pada salah satu komponen saja, tetapi menyangkut semua komponen yang tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga tujuan utama pendidikan tersebut dapat tercapai. Perencanaan merupakan ruh dari setiap kegiatan ilmiah yang tentunya dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur. Demikian pula dengan pendidikan, diperlukan adanya program yang terencana dan dapat menghantar proses pendidikan sampai pada tujuan yang diinginkan. Proses pelaksanaan hingga penilaian dalam pendidikan lebih dikenal dengan istilah kurikulum. Komponen kurikulum dalam pendidikan memiliki peran dan posisi yang penting, karena merupakan operasionalisasi tujuan yang dicita-citakan, bahkan tujuan tidak akan tercapai tanpa keterlibatan kurikulum pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu komponen pokok pendidikan, dan kurikulum sendiri juga merupakan sistem yang mempunyai komponen-komponen tertentu yang satu sama lain saling melengkapi. Kurikulum paling tidak mencakup tujuan, struktur, program, strategi pelaksanaan yang menyangkut sistem penyajian pelajaran, penilaian hasil belajar, bimbingan-penyuluhan, administrasi dan supervisi pendidikan.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Penerjemah Hery Noer Ali, Semarang: Toha Putra, 1989 .

Al-Munawar, Said Agil Husin, Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan yang Hakiki, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

______, Aktualisasi Nilai-nilai al-Qur’an dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Ar-Razi, Abu Muhammad Abdurrahman bin Aby Hatim, Tafsir Ibn Aby Hatim, Mesir: Daar An-Nasyr, tt.

As-Suyuthi, Abdurrahman bin Aby Bakr, Ad-dar al-Mantsur fi At-tafsir bi Al-ma’tsur, Mesir: Daar Hijr, 2003.

Asy-Syaukani, Fathul Qodir, tt.

Ath-Thobari, Abu Ja’far, Jami’ Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, Mesir: Muassasah ar-Risalah, 2000

Asy-Syaibany, Muhammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Ansyar, Moch., dan H. Nurtain, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Depdikbud, 1992.

Arifin, Syamsul, dkk. Spiritualitas Islam dan Peradaban Masa Depan, Yogyakarta: Si Press, 1996.

Arifin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Barzinji, Jamal, Sejarah Islamisasi Ilmu Pengetahuan, Malang: Universitas Muhammadiyah, 1996.

Crow and Crow, Pengantar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1990.

Dakir, H., Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2004.

Langgulung, Hasan Teori-teori Kesehatan Mental, Jakarta: Pustaka al Husna, 1986.

Mahmud, Ensiklopedi Pendidikan Islam: Konsep, Teori, dan Tokoh, Bandung: Sahifa, 2010.

Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: al Ma’arif, 1974.

Marsh, Colin J. dan George Willis, Curriculum Altirnative, Approaches, Ongoing Issue, New Jersey USA: Pearson Merril Prentice Hall, 2007.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Nata, Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam: Pada periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

______, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Quraish, Muhammad, Shihab, Tafsir al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Samsul, Nizar, Al-Rasyidin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2009.

S. Nasution, Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara, 1989.

Suryosubroto, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: PT Asdi Mahastya. 2004.

Syaodih, Nana, Sukmadinata, Pengem-bangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2012.

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v16i1.2418

Article Metrics

Abstract - 1801 PDF - 2985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang