PERSPEKTIF IBN KHALDUN TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (ANALISIA TERHADAPPEMIKIRAN IBN KHALDUN DALAM KITAB MUKADDIMAH)

Erpin Harahap

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan bersifat deskriptif analitik. Fokus penelitian diarahkan untuk mengkaji perspektif ibn khaldun terhadap pendidikan islam(analisia terhadappemikiran ibn khaldun dalam kitab mukaddimah)Penelitian ini menyimpulkan bahwa; Menurut Ibn Khaldun unsur pendidikan yang paling utama adalah manusia (the man) itu sendiri. Karena memiliki dualisme sistem yakni menjadi objek sekaligus subjek pendidikan.Sebab manusia merupakan subjek sekaligus objek dalam pendidikan. Manusia sebagai makhluk berfikir diberikan akal sebagai unsur utama yang berfungsi menjadi tiga tingkatan: sebagai akal pemilah, akal eksprimental dan akal kritis/spekulatif. Ibn Khaldun membagi ilmu pengetahuan kepada yang sifatnya alami bagi manusia dengan bimbingan dan pikirannya, dan yang bersifat tradisional (naqly) yang diperoleh manusia dari sang Pencipta.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v13i2.301

Article Metrics

Abstract - 287 PDF - 1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang