MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA

Cut Dhien Nurwahidah, Zaharah Zaharah, Ibnu Sina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penggunaan Video sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ilmu  Tarbiyah Program Studi Ilmu  Pengetahuan Sosial (IPS). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif diskriptif  Sedangkan untuk telaah pustaka penulis melakukan sebagai dasar argumentasi baik melalui hasil penelitian sebelumnya di jurnal penelitian, buku yang terkait maupun kajian kritis teoritis. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa  Prodi IPS tahun ketiga yang berjumlah 40 orang , sumber data digunakan dengan menyebarkan angket dan wawancara secara virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video sebagai alat  bantu mengajar memberikan satu pengalaman baru kepada peserta didik.Analisis diskriptiv menunjukan rata –rata mahasiswa suka  menggunaan video  dalam pembelajaran sebesar 54.55 %  dengan standar deviasi  4.01, dan motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan media pembelajaran IPS sebesar 56,27 % standar deviasi 3.78 dan prestasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dengan mengunakan media video pembelajaran IPS sebesar 51,82% denga standar deviasi 3,054.ini menunjukan bahwa memang motivasi belajar mahasiswa dengan menggunaan media pembelajaran sangat signifikan . Dengan penayangan Video pembelajaran, mahasiswa dapat merasa seolah-olah mereka berada atau turut serta dalam suasana yang digambarkan. Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa pengunaan  media Video pembelajaran  akan lebih cepat  paham dan mengerti dan motivasi belajar dan prestasi belajar  akan meningkat  didalam proses pembelajaran .Oleh karena itu, para guru atau dosen sebaiknya memfungsikan media vedio pembelajaran dengan baik dan perlu dimanfaatkan secara sinergis untuk mengoptimalkan pembelajaran, Sehingga dapat menciptakan kondisi yang dapat mendorong siswa agar dapat mencapai kompetensi dalam pembelajaran yang diberikan oleh pengajar. Adanya media video pembelajaran peserta  didik mampu mencapai kemampuan dalam ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan dapat meningkatkan kemampuan interpersonal.

 

Katakunci :Media Pembelajaran, Video, Motivasi , prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Arsyad,

Anitah, S. (2013). Media Pembelajaran. Surakarta : Mata Padi Presindo.

Arif Yudianto Penerapan Video seagai media pembelajaran.ISBN.978-602-50088-0-1

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azhar. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dale H . Schunk, P. R. (2012). Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta Barat: Permata Puri Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). Peran Teknologi Pembelajaran Islam dalam organisasi Belajar. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.

Erfan Priyambodo, dkk.Pengaruh media pembelajaran intraktif berbasis web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan, Volume 42, Nomor 2, November 2012, Hal.99 - 109

Hauff, Mechthild & Laaser, Wolfram . 1996. Educational Video and TV in Distance Education – Production and Design Aspects. (Journal of Universal Computer Science, vol. 2, no. 6 (1996), 456-473).

Nugent, 2005. Smaldino dkk. 2008: 310.

Rina Cahyani , Sarwono, Puguh Karyanto, Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Biosfer pada Siswa Kelas XI IPS MAN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal GeoEco ISSN: 2460-0768 Vol. 2, No.2 (Juli 2016) Hal. 198-207

Ruqaiya Hasan. 1976, Cohesion in english. London: Longman

Sadiman, A. S. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta : Rineka Cipta

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. 2007.Instructional Technology and Media forLearning (9thed.).New Jersey: PearsonEducation, Inc.

Sudjana, N & Rivai, A. 1992. Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru Bandung.

Suyanto, M. 2003. Multimedia alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing, Jakarta : Andi

Yen, H.C., Tuan, H.L., dan Liao, C.H. 2011. “Investigating the influence ofMotivation on Students’ Conceptual Learning Outcomes In Web-Basedvs.Classroom-Based Science Teaching Contexts”. Research Science Education,p.41:211–224.

Yudianto, Arif, 2017, Proseding pada seminar nasional , Penerapan Video sebagai media pembelajaran. ISBN.978-602-50088-0-1. Program Studi PendidikanTekenologi Informasi,Universitas Muhammadiyah Sukabumi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Article Metrics

Abstract - 15936 PDF - 8880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang