URGENSI EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Khoirul Anwar

Abstract


Abstrak :Evaluasi peniliaian terhadap tingkat keberhasilan peserta didik mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam sebuah program. Bahwa evaluasi adalah proses penilaian yang dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang keberhasilan suatu tindakan. Ada tiga alasan utama dalam kegiatan pembelajaran diperlukan adanya evaluasi, yaitu: a) Apabila dilihat dari pendekatan proses pendidikan agama Islam, dapat diketahui hubungan interdepensi antara tujuan pendidikan agama Islam, proses belajar mengajar pendidikan agama Islam dan prosedur evaluasinya. b) Kegiatan mengevaluasi terhadap hasil belajar merupakan salah satu ciri dari pendidik profesional. c)nApabila dilihat dari pendekatan kelembagaan, kegiatan pendidikan agama Islam adalah seperti kegiatan manajemen, yang meliputi kegiatan planning, programming, organizing, actuating, controlling dan evaluating


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Shodiq, Evaluasi Pembelajaran, Konsep Dasar, Teori, dan Aplikasi, Semarang: Putra Rizki Putra, 2009.

Arikunto,Suharsismi, Dasar-dasar Evaluasi pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.

Darmawan, DeniInovasi Pendidikan, Bandung: PT. Rosda Karya, 2012.

Daud, Abu Suman, L.K. Al-Maktanah Samilah, Departemen Agama Al-Qur’an dan Tafsir, Banten: Penerbit Karim, 2003.

Delisle, Robert, How to Use Problem-based Learning in the Classroom, 1997.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Djamarah, Bahri, Syamsul dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, 2005.

F. Hill, Winfred, Theories of Learning, diterjemahkan oleh M. Khozin, Bandung: Nusa Media, 2011.

H.A.R Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Nasional, Dalam Perspektif Abad 21, Jakarta: Tirani Indonesia, 2007.

Mattew B. Miles, Innovation in Education, Bureau of Publication Teachers College.

Sagala, Syaiful, Etika & Moralitas Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2013.

Sudjiono, Anas, Pengantar Evaluasi pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2011.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Thoha, M. Chabib, Teknik Evaluasi pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183

Article Metrics

Abstract - 6510 PDF - 3317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang