MENJAGA KEHORMATAN DAN HARGA DIRI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Ahmad Sihabudin

Abstract


ABSTRAK

Islam Memandang Pentingnya Manjaga Kehormatan Dan Harga Diri dan menjaganya merupakan yang selalu diusahakan oleh setiap Insan yang beriman. Segala macam cara untuk menjaga kehormatannya, agar tetap pada tingkatan yang sesuai dengan petunjuk Allah. Hal inilah yang menjadi pokok pembahasan untuk meneliti tentang Menjaga Kehormatan Dan Harga Diri Perspektif Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research atau penelitian pustaka untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji secara mendalam terhadap data-data kepustakaan, baik yang sekunder maupun yang primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode berpikir deskriptif analitis. Harga diri dikenal sebagai muru'ah, yang menekankan pentingnya menjaga harga diri Muslim dan mengumpulkan rasa hormat dari orang lain dengan persepsi diri yang positif cenderung menunjukkan keunggulan moral, menunjukkan kebaikan terhadap Pencipta, orang tua, pendidik, dan teman sebaya. Dalam perspektif pendidikan Islam, harga diri identik dengan 'muru'ah'. Umumnya, 'muru'ah' ditafsirkan sebagai harga diri muslim yang harus dijaga, serta membuat orang lain menghormatinya. Hasil dari penelitian terkait Harga Diri Perspektif Pendidikan Islam adalah: (1) Merangkul cinta diri, (2) Melatih otonomi dalam pengambilan keputusan, (3) Mempraktikkan perhatian penuh, (4) Menahan godaan untuk menyerah dengan mudah.

 

Kata Kunci: Kehormatan, Harga Diri, Pendidikan Islam


References


Al-Qur’an al-Karim.

Al-Ghazali, A. H. M. ibn M. (2003). Ihya’ ‘ulumal-din. Dar al-Salam.

Arroisi, J. (2022). Konsep harga diri: Studi komparasi perspektif psikologi modern dan islam. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 27 (1).

Bukhari, al-. T.T. Shahîh Bukhari: Kairo: Dâr al-Hadîts.

Hamka. (2020). Tafsir al-Azhar Jilid 2: Diperkaya dengan pendekatan sejarah, sosiologi, tasawuf, ilmu kalam, sastra, dan psikologi. Prestasi.

Selo, A., Mustari, H., Possumah, B. T., Sadi, H., & Usman, A. H. (2015). Adab al nafs: A review of Al Mawardy’s moral education philosophy. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(3 S1).

Wiantina, N. A. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Remaja. JIEGC Journal of Islamic Education Guidance and Counselling, 2 (2).

M. Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jilid 13, Jakarta: Lentera Hati, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v21i1.14339

Article Metrics

Abstract - 37 PDF (Bahasa Indonesia) - 128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats