PERAN ILMU PENGETAHUAN DAN PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PELAKSANAAN TUGAS KEKHALIFAHAN MANUSIA

Didin Hendriana, Milana Abdillah Subarkah

Abstract


Science and technology have brought rapid progress in the word life. The existence of digital technology as a result of science has brought and changed the way of human life starting from the way social communication, trading, learning, as well as ways of preaching interactions between people have been carried out using digital technology which allows people communicated remotely with various media such as video call, online meeting or transactions so that a lot of costs can be cut to make goods or communicate at a lower cost. Likewise, in seeking knowledge, you can browse the internet and you will get a variety of scientific literacy that is easily accessible. but negative effect that arises is also the ease with which people spread news of violence or things that are not in accordance with beliefs and also fake news {hoax}.it is very easy to spread in this case, of course, every event always has good and bad effects. The most important thing is how our role as leaders on earth is to fortify ourselves, our families and the community environment with a formidable fortress of fake and usual news. Another way to do this is through education.

 

       Ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa kemajuan pesat dalam kehidupan dunia. Adanya teknologi digital sebagai hasil dari ilmu pengetahuan telah membawa dan merubah cara hidup manusia secara nyata, mulai dari cara perhubungan sosial, berniaga, belajar, bekerja maupun cara berdawah. Pergaulan antar manusia sudah dilakuan dengan menggunakan teknologi digital yang memungkkan orang berkomunikasi jarak jauh dengan berbagai media, misalnya video call, meeting online, ataupun bertransaksi dengan media lainnya secara daring. Sehingga dari segi biaya yang bisa dipangkas menjadikan( barang atau berkomunikasi )dengan biaya yang lebih murah dan mudah. Demikian juga dalam mencari ilmu pengetahuan, bisa browsing di internet dan akan mendapatkan beragam literasi ilmu yang mudah sekali diakses. Tapi  efek negative yang timbul juga mudah nya orang menyebarkan berita kekerasan, atau hal-hal yang tidak sesuai akidah dan berita bohong (hoax) sangat mudah tersebar. Hal ini tentunya setiap peristiwa selalu ada efek baik dan buruknya, yang paling penting bagaimana peran kita sebagai khalifah dimuka bumi membentengi diri, keluarga dan lingkungan keumatan dengan benteng yang tangguh berupa keimanan dan nalar yang benar dari berita-berita bohong dan berita atau informasi yang tidak bermanfaat . Cara yang dilankukan paling efektif  adalah tidak lain melalui pendidikan. Hal-hal yang buruk bisa dicegah dengan memberikan informasi yang benar dan positif baik melalui media sosial atau disekolah dan media dakwah.


References


Abdullah, Amin. (2022), Multi Disiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin. Yogyakarta, IB

Pustaka PT Litera Cahaya Bangsa

Arikunto, Suharismi. (2010) Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Al Fabet,

Bandung.

Kemdikbud, Manfaat Teknologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Diakses dari

https://ppg.kemdikbud.go.id/news/manfaat-tekhnologi-digital-terhadap-motivasibelajar-peserta-didik.

Kemenag, Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Diakses dari https://kemenag.go.id/read/al-qurandan-ilmu-pengetahuan.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (Untuk

Perguruan Tinggi Muhammadiyah), Yogyakarta.

Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Pedoman SPMI PTM/PTA. Yogyakarta.

Syafik. A.Mughni,dkk(2022).Risalah Islam berkemajuan, PT.Gramasurya(percetakan

Muhammadiyah),Yogyakarta

W. Creswwell, Jhon. (2018) Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Pustaka Belajar,

Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i1.7730

Article Metrics

Abstract - 427 PDF (Bahasa Indonesia) - 5920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang