PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK AL HIKMAH CURUG KABUPATEN TANGERANG

Dila Rosdiana Sofya, Ahmad Haromaini, Faiz Fikri Al Fahmi

Abstract


ABSTRAK  

Metode Problem Solving Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di  SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang. Dengan jumlah populasi sebanyak 114 siswa/siswi dan sampel nya 66  dan pada tingkat 0,01 dan 0,05 untuk uji dua pihak. Pendidikan Agama dalam sekolah itu sangat penting, tetapi juga harus menggunakan metode yang tepat agar penyampaian suatu materi memberikan kesan yang bermakna. Saya menggunakan Metode problem solving bukan hanya sekedar metode pembelajaran tetapi juga merupakan suatu metode berpikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode-metode lainnya dimulai dengan mencari data sampai kepada menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan menggunakan rumus Product Moment, dan pendekatan kuantitatif dengan melalui Skala Likerts, dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut Hal ini diperkuat dalam didapatnya hasil dengan tingkat kesalahan 5% ( 0,05 ) diperoleh dari hasil thitung 17,56 sementara  ttabel 2,000 atau  (thitng 17,56 > ttabel 2,000). Maupun pada taraf signifikan dengan tingkat kesalahan  1% (0,01) diperoleh dari hasil thitung 17,56 sementara ttabel 2,660 atau (thitung 17,56 > ttabel 2,660). Dan hasil penelitian dari perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam   terdapat 82,8%  pengaruh yang sangat kuat dan selebihnya 17,8%  dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMK Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang di tolak dan demikian Ha diterima.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Irfan Muzni dan Karwono. Strategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan. (Depok : PT RajaGrafindo Persada, 2020)

Al Fahmi, Faiz Fikri. Implementasi Bimbingan Agama Terhadap Kesehatan Mental dan Fisik Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid-19. Artikel diaskes pada 19 Agustus 2021 dari https://doi.org/10.33592/islamika.v15i1.1556

Artikel diakses pada tanggal 24 Juni 2021 http://repo.iain-tulungagung.ac.id/12701/5/BAB%20II.pdf .

Aqib, Zainal. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajara. (Bandung : Yrama Widya, 2020)

Gofur, Abdul. Model Pembelajaran Problem Solving. Artikel diakses pada tanggal 20 Maret 2021 dari https://modelpembelajaran1.wordpress.com/2016/02/21/model-pembelajaran-problem-solving/

Hamdayana, Jumanta. Metodologi Pengajaran. (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2019)

Haromaini, Ahmad. Konsep Insan Kamil (Manusia Sempurna) Dalam Perspektif Syekh-Yusuf Al-Makassari. Artikel diakses pada tanggal 20 Agustus 2021 dari http://ejournal.unis.ac.id/index.php/ISLAMIKA/article/view/1086/1140

Purwanto, Nanang. Pengantar Pendidikan, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2014)

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. Pengantar Pendidikan. (Jakarta : Rineka Cipta, 2012)

Usman, Husaini. Administrasi, Management, Dan Kepemimpinan Pendidikan, Teori Dan Praktik, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v18i1.6051

Article Metrics

Abstract - 744 PDF - 310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang