PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA KELAS VII DI MTS PONDOK PESANTREN DAARUL MUTTAQIEN 1

Zulkifli Zulkifli, Andreyan Syahputra, Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh: peran guru aqidah akhlak dalam mebentuk kepribadian siswa kelas VII Di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 1. Dalam hal ini peran guru aqidah akhlak merupakan bagian terpenting dalam proses pembentukan kepribadian dan karakter bagi siswa. Dan oleh karena itu melalui peran guru aqidah akhlak bertujuan untuk setiap siswa memiliki kepribadian yang berakhlakul karimah guna sebagai dampak yang baik bagi kehidupan setiap manusia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 1; 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien 1. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pada Peran guru Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VII di MTS Pondok Pesantren Daarul Muttaqien, memiliki peran penting karena peran guru aqidah akhlak bukan hanya sebagai pengajar, namun juga sebagai pembimbing dan pengarah, peran guru aqidah akhlak juga bertujuan untuk membentuk kepribadian setiap siswa agar setiap siswa dapat memiliki akhlakul karimah dan juga sesuai pada moto dari Pondok Pesantren Daarul Muttaqien yaitu unggul dalam bidang Iman, Ilmu, maupun Akhlak; 2) Terdapat beberpa faktor penghambat yang di alami guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa. Namun semua itu dapat diatasi juga dengan beberapa faktor yang ditemukan yang dapat mendukung peran guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Ahmadi Rulam, Metodologi penelitian kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Al-Haramain, Al-Qur’an Cordoba Terjemah & Tajwid, Bandung: Cordoba, 2016.

Basyit Abdul dan Sahlani, Ilmu Pendidikan Islam, Serang: Taman Graha Asri, 2017.

Hartati, N., dkk, Islam dan Psikologi, Jakarta : PT.Raja Gravindo Persada, 2004.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosda Karya, 2002.

Milana Abdillah Subarkah, Sosiologi Pendidikan, Tangerang: UMT Press, 2018.

Ramyulis, Psikologi Agama, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Republik Indonesia, “Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003”, tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2017.

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D, Cet. ke-1. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan Peraktik,Cet. ke-15.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Cet. ke-15, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Ed. 1, Cet. 4, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Zaky Mubarok, dkk., Akidah Islam, Cet. 6 Jogjakarta: UII Press, 2019.

Zulkifli, “Pendidikan Karakter Anak Di Masa Pandemi, Orang Tua VS Pendidikan Online” artikel diakses pada 26 Mei 2021 dari https://www.redaksi24.com/pendidikan-karakter-anak-di-masa-pandemi-orang-tua-vs-pendidikan-online/




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v18i1.6060

Article Metrics

Abstract - 1279 PDF - 579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang