ISYARAT AL-QUR’AN TENTANG METODOLOGI PENGAJARAN
Abstract
Abstrak:
Metodologi pengajaran merupakan komponen yang penting dalam proses pendidikan. Tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan tergantung pada metodologi pengajaran yang diterapkan. Mengajar tidak hanya menyampaikan informasi dari guru kepada siswa saja, banyak kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan pengajar. Al-Qur’an sebagai “kitab pendidikan” menawarkan metode pengajaran yang variatif, di antaranya yaitu metode tabligh, uswatun hasanah, kisah, demonstrasi, hiwar, research, amtsal, dan lainnya. Beragam metode pengajaran yang ditawarkan al-Qur’an dapat dijadikan sumber pembelajaran yang kemudian diimplementasikan dalam proses pengajaran yang disesuaikan pada tingkat pendidikan. Dengan metode pengajaran yang variatif dapat menghindari proses belajar-mengajar yang monoton dan indoktrinatif yang akan membuat jenuh peserta didik.
Kata Kunci: Metodologi, Pengajaran, dan Al-Qur’an.
Metodologi pengajaran merupakan komponen yang penting dalam proses pendidikan. Tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan tergantung pada metodologi pengajaran yang diterapkan. Mengajar tidak hanya menyampaikan informasi dari guru kepada siswa saja, banyak kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan pengajar. Al-Qur’an sebagai “kitab pendidikan” menawarkan metode pengajaran yang variatif, di antaranya yaitu metode tabligh, uswatun hasanah, kisah, demonstrasi, hiwar, research, amtsal, dan lainnya. Beragam metode pengajaran yang ditawarkan al-Qur’an dapat dijadikan sumber pembelajaran yang kemudian diimplementasikan dalam proses pengajaran yang disesuaikan pada tingkat pendidikan. Dengan metode pengajaran yang variatif dapat menghindari proses belajar-mengajar yang monoton dan indoktrinatif yang akan membuat jenuh peserta didik.
Kata Kunci: Metodologi, Pengajaran, dan Al-Qur’an.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v14i1.672
Article Metrics
Abstract - 568 PDF - 736Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang