ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENDIDIKAN NONFORMAL PROGRAM PAKET C

Diah Mutiara, siti rohmah, Alvan Firdaus

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan dari penelitian adalah analisis pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pendidikan nonformal program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Buruh Nusantara. Penelitian bertujuan menganalisa pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada pendidikan nonformal Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Buruh Busantara Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini melalui wawancara dengan tutor PAI dan pengamatan pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kompetensi Tutor Pendidikan Agama Islam pada pendidikan nonformal Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) belum sesuai dengan kompetensi pendidik yang diharuskan 2) Untuk mengatasi kompetensi tutor yang masih cukup atau kurang seharusnya tutor diberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Tutor Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggito Albi dan Setiawan Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif, 2018.

Arifin Zainal. Tafsir Ayat-Ayat Manajemen, 2020.

Ayatullah. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara.” Jurnal Pendidikan dan Sains 2, no. 2 (2020): 206–229.

Ellihami Ellihami. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul Jurnal Pendidikan (2018).

Ernawati, and Sungkowo Edy Mulyono. “Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Bangkit Kota Semarang.” Journal of Nonformal Education 3, no. 1 (2017): 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915.

Fadlillah M. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif Dan Menyenangkan, 2016.

Hidayat, Dayat. “Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Masyarakat Program Kejar Paket C.” Journal of Nonformal Education 3, no. 1 (2017):




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v18i2.6836

Article Metrics

Abstract - 391 PDF - 349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang