STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Abstract
Abstrak:
Tujuan daripenelitian iniadalah untuk mengetahui strategi pembelajarandankemampuan awal pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitianini dilakukan diUniversitas Muhammadiyah Jakarta. MetodeSamplingpenelitianiniadalahrandom samplingberdasarkankemampuan awal mahasiswa, sehinggasampeluntuk masing-masingkelompok belajarterdiridari24mahasiswa untuk kedua kelompok. Penelitianeksperimendilakukan dengan menggunakan desain treatment by level 2x2. Hasil penelitianmenunjukkan(1) terdapatperbedaan antaramahasiswa yangdiberikan strategi pembelajaran kontekstual denganmahasiswa yangdiberikan strategi pembelajaran ekspositori, (2) adainteraksiantara strategipembelajarandankemampuan awal terhadap hasil belajar PAI, (3) adaperbedaan antara mahasiswa yangmemiliki kemampuan awal tinggiyang menggunakan strategi pembelajaran kontektual dibandingkan denganpembelajaran ekspositori, (4) adaperbedaanantaramahasiswayangmemilikikemampuan awal rendah yang menggunakan strategipembelajaran kontekstual dibandingkan denganstrategi pembelajaran ekspositori.
Keywords: Strategi Pembelajaran, Kemampuan Awal, Pendidikan Agama Islam
Tujuan daripenelitian iniadalah untuk mengetahui strategi pembelajarandankemampuan awal pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitianini dilakukan diUniversitas Muhammadiyah Jakarta. MetodeSamplingpenelitianiniadalahrandom samplingberdasarkankemampuan awal mahasiswa, sehinggasampeluntuk masing-masingkelompok belajarterdiridari24mahasiswa untuk kedua kelompok. Penelitianeksperimendilakukan dengan menggunakan desain treatment by level 2x2. Hasil penelitianmenunjukkan(1) terdapatperbedaan antaramahasiswa yangdiberikan strategi pembelajaran kontekstual denganmahasiswa yangdiberikan strategi pembelajaran ekspositori, (2) adainteraksiantara strategipembelajarandankemampuan awal terhadap hasil belajar PAI, (3) adaperbedaan antara mahasiswa yangmemiliki kemampuan awal tinggiyang menggunakan strategi pembelajaran kontektual dibandingkan denganpembelajaran ekspositori, (4) adaperbedaanantaramahasiswayangmemilikikemampuan awal rendah yang menggunakan strategipembelajaran kontekstual dibandingkan denganstrategi pembelajaran ekspositori.
Keywords: Strategi Pembelajaran, Kemampuan Awal, Pendidikan Agama Islam
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v13i2.685
Article Metrics
Abstract - 224 PDF - 396Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang