KEBIJAKAN PENUNDAAN IBADAH HAJI DAN UMROH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN SEJARAH PERADABAN ISLAM (STUDI KEPUTUSAN MENTERI AGAMA (KMA) NOMOR 660 TAHUN 2021 TENTANG PEMBATALAN KEBERANGKATAN IBADAH HAJI)

Faiz Fikri Al Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penundaan keberangkatan calon jamaah haji Indonesia dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021. Kebijakann tersebut lahir berdasarkan keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menutup Visa keberangkatan haji karena wabah Covid-19 yang masih melanda saat itu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbasis kepustakaan (library reseach) dan dianalisis menggunakan deskriptif kualitattif. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah regulasi haji terkait Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa istitha’ah (mampu) yang menjadi salah satu rukun perlu dalam ibadah haji dan umroh memiliki artian yang sangat luas. Istitha’ah tidak hanya sebatas mampu secara fisik, materi dan finansisal semata. Namun kebijakan pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia dan Otoritas Saudi Arabia juga masuk ke dalam kategori istitha’ah. Karena walau segala persiapan fisik dan non fisik telah dipenuhi, kebijakan pemerintah juga menjadi hal yang sangat penting untuk keberangkatan jamaah haji dan umroh. Dengan demikian, Kebijakan tersebut menjadi kendala terputusnya syarat bahkan rukun haji (istitha’ah). Kebijakan ini lahir demi mewujudkan keselamatan jiwa dan menghadirkan rasa aman dari penyebaran Covid-19. Karena salah satu tujuan syariat adalah menjaga jiwa (hifd an-nafs).


References


Al Kasani, Alaudidin. Badai’u al Sanai. Beirut: Dar al Kitab al Arabi, cet.2,Juz IV.

Aziz, Abdul, Azzam Muhammad. & Hawwas, Abdul Wahhab Sayyed. (2010). Fiqh Ibadah, Amzah, Jakarta.

Iqbal, Muhammad . (2021). Simak! Penjelasan Lengkap Menag Soal Pembatalan Haji 2021, https://www.cnbcindonesia.com/news/20210603123757-4-250292/simak-penjelasan-lengkap-menag-soal pembatalan-haji-2021.

Islamy, M. Irfan. (1999). Reformasi Pelayanan Publik, Makalah Pelatihan Strategi Pembangunan Sumber Manusia Aparatur Pemerintah Daerah dalam Era Globalisasi, di Kabupaten Daerah Tingkat II Trenggalek, Tahun 1999.

Kartono, Ahmad. dan Husna, Sarmidi. (2013). Ibadah Haji Perempuan Menurut Para Ulama Fikih. Jakarta: Siraja Prenada Media Group.

Keban. (2008). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik : Konsep, Teori, Dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Lubis, Nabilah. (1999). Menyingkap Rahasia Ibadah Haji. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung. cet. ke-23.

Muzarie, Mukhlisin. (2013). Fiqh Haji; Antara Teori dan Praktek Cet. I. Yogyakarta: Dinamika.

Ramadhan. (2020). Bukan Kali Ini Saja Wabah Menyerang Makkah, https://www.unpak.ac.id/khazanah-ramadhan/bukan-ini-kali-saja-wabah-menyerang-kota-suci-makkah.

Saebani, Beni, Ahmad. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sholikhin, Muhammad. (2013). Keajaiban Haji dan Umroh: Mengungkap Kedahsyatan Pesona Ka’bah Dan Tanah Suci. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sholikhin, Muhammad. (2013). Keajaiban Haji dan Umroh: Mengungkap Kedahsyatan Pesona Ka’bah Dan Tanah Suci. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Subarkah, Muhammad. (2020). Wabah Malaria, Colera, Corona, dan Penutupan Kota Makkah, https://www.republika.co.id/berita/q6kdj9385/wabah-malaria-colera-corona-dan-penutupan-kota-makkah,




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v19i2.8050

Article Metrics

Abstract - 198 PDF (Bahasa Indonesia) - 186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats