KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT (Analisis Komparatif Pemikiran Imam az-Zarnuji dan John Dewey)
Abstract
Abstrak:
Pemikiran Imam az-Zarnuji dalam Pendidikan adalah sangat kental dengan muatan moral-transendensi. Tujuan pendidikan diarahkan pada kedekatan diri pada Allah SWT dan mencari ridha Allah SWT. Pemikiran John Dewey dalam Pendidikan adalah bersifat partisipatif dan kebebasan, pendidikan yang fleksibel, dinamis, dan bergerak ke depan. Pendidikan Islam (Imam az-Zarnuji) dan pendidikan Barat (John Dewey), Pendidikan Islam
basic moral, Barat metodologi keilmuan. Sehingga akan terlahir konsep pendidikan yang bernilai liberasi dengan muatan moral transendensi.
Kata Kunci: Pendidikan, Imam az-Zarnuji, John Dewey.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v14i02.897
Article Metrics
Abstract - 1322 PDF - 11064Refbacks
- There are currently no refbacks.
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 | e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang