KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT (Analisis Komparatif Pemikiran Imam az-Zarnuji dan John Dewey)

Yuliani Yuliani

Abstract


Abstrak:
Pemikiran Imam az-Zarnuji dalam Pendidikan adalah sangat kental dengan muatan moral-transendensi. Tujuan pendidikan diarahkan pada kedekatan diri pada Allah SWT dan mencari ridha Allah SWT. Pemikiran John Dewey dalam Pendidikan adalah bersifat partisipatif dan kebebasan, pendidikan yang fleksibel, dinamis, dan bergerak ke depan. Pendidikan Islam (Imam az-Zarnuji) dan pendidikan Barat (John Dewey), Pendidikan Islam
basic moral, Barat metodologi keilmuan. Sehingga akan terlahir konsep pendidikan yang bernilai liberasi dengan muatan moral transendensi.


Kata Kunci: Pendidikan, Imam az-Zarnuji, John Dewey.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v14i02.897

Article Metrics

Abstract - 1322 PDF - 11064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah tangerang