HUBUNGAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X IPS DI SMA ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG

J. Anhar Rabi Hamsah Tis'ah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Hal ini mengakibatkan siswa belum mampu meningkatkan kemampuan komunikasi mereka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sehingga siswa belum mampu menerapkan kompetensi yang ada pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa kelas X IPS di SMA Islamic Centre Kota Tangerang Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yaitu untuk mengumpulkan data dari sekumpulan panel atau responden. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 responden dari 174 populasi penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, item pertanyaan yang dinilai dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diperkuat koefisien korelasi product moment. Analisis ini menggunakan perhitungan rumus dan aplikasi SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa dengan koefisien korelasi product moment sebesar 0,352, dikonsultasikan pada rtabel taraf signifikan 5% = 0,2732 dan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana yaitu Y = 21,072 + 0,345 X artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan kemampuan komunikasi siswa di SMA Islamic Centre Kota Tangerang. Berdasarkan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 12,4%, sedangkan 87,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Komunikasi


Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafi’i Maarif, Pendidikan Islam dan Proses Pemberdayaan Umat, (Yogyakarta: El Tarbawi, 2016), h. 11.

Engkoswara dan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2011), h. 60.

Muhammad Ghafar, Kemampuan Komunikasi Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Dan Media Poster Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI IPA MAN 1 Pidie Jaya, diakses pada tanggal 25 Agustus 2023 dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16458/ Pukul 01.32 WIB. (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2021).

Nana Supriatna, Komunikasi Efektif: Teori, Konsep, dan Praktik, (Bandung: Remaja Rosdakarya: 2020), h. 5.

Putri Imarotul Fitriah, Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone is a Teacher Here, Vol. 4, diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/28925 pada tanggal 25 Agustus 2022 pukul 02.55 WIB, Jurnal of Education Action Research, 2020, h. 547.

Rista Nurfilaily, Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Penyesuaian Diri Hewan Terhadap Lingkungannya, diakses pada tanggal 25 Agustus 2023 dari http://repository.upi.edu/51935/ Pukul 01.38 WIB. (Universitas Pendidika Indonesia, 2020).

Syakhshi Hesni, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Disertai Permainan Bowling Kampus Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Materi Tata Nama Senyawa Dan Persamaan Kimia, diakses pada tanggal 25 Agustus 2023 dari https://repository.uin-suska.ac.id/21481/ Pukul 01.43 WIB. (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2011), h.7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/rf.v20i1.11505

Article Metrics

Abstract - 321 PDF - 118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan (p-ISSN: 1979-0074 e-ISSN: 2580-5940) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


Rausyan Fikr Stats