PERUBAHAN ELEMEN-ELEMEN VISUAL KEMASAN PRODUK INDUSTRI Studi Kasus Lux Sabun Mandi Cair Di Indonesia
Abstract
Desain kemasan memiliki peran krusial dalam membangun identitas merek dan mempengaruhi persepsi konsumen. Di Indonesia, meskipun industri periklanan berkembang pesat, perkembangan desain kemasan masih perlu diperhatikan lebih lanjut. PT. Unilever Indonesia Tbk., dengan merek Lux sabun mandi cair sebagai market leader diposisikan sebagai sabun kecantikan, feminitas, mulai dari tampilan hingga sensasi yang didapatkan dari produk, telah mengalami berbagai perubahan dalam desain kemasannya sejak 1989 hingga 2014. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen-elemen desain visual yang mengalami perubahan dalam kemasan Lux sabun mandi cair, baik itu unsur yang tetap, berubah, baru, maupun yang hilang, dengan fokus pada pemertahanan posisi brand image-nya. Melalui identifikasi kondisi yang mendorong perubahan tersebut, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi desain kemasan dan manajer merek dalam memanfaatkan desain kemasan sebagai alat strategis untuk memperkuat citra merek dan memenangkan persaingan di pasar.
Kata Kunci: Desain kemasan, Lux sabun mandi cair, Feminitas, Brand image, perubahan visual
Packaging design has a crucial role in building brand identity and influencing consumer perceptions. In Indonesia, even though the advertising industry is developing rapidly, developments in packaging design still need further attention. PT. Unilever Indonesia Tbk., with the Lux brand of liquid bath soap as the market leader, positioned as a soap for beauty, femininity, from the appearance to the sensation obtained from the product, has experienced various changes in its packaging design from 1989 to 2014. This research aims to analyze the elements- The visual design elements that have changed in Lux liquid bath soap packaging, whether they are fixed, changed, new or missing, with a focus on maintaining the brand image position. By identifying the conditions that drive these changes, this research provides valuable insights for packaging design practitioners and brand managers in utilizing packaging design as a strategic tool to strengthen brand image and win competition in the market.
Keywords: Packaging design, Lux liquid shower gel, femininity, brand image, visual changes
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Thakkur, Gargee, Studio 2 Packaging, National Institute Of Design
Julianti, Sri, 2014, The Art Of Packaging. Jakarta : Gramedia
Limberg, G., Elisabet, Different Elements To Consider For A Good
Packaging
Chen, Phoebe, 2012, Constructing Meaning in Packaging Design
Joedawinata Ahadiat, Teori Estetika Terapan
Klimchuk , A., Marianne & Krasovec, A., Sandra, 2006, Desain Kemasan Perencanaan Merek
Produk Yang Berhasil Mulai Dari Konsep Sampai Penjualan, Jakarta : Erlangga
Behns, Bronte, Typhography For Packaing
Mangkoko, 2015, Psikologi Warna, Biarkan Warna Berbicara.
https://mangkoko.com/ruang_baca/psikologi-warna-biarkan-warna-berbicara, Diakses 10
Januari 2017
Arwan, Psikologi Warna Dalam Desain. http://idesainesia.com/psikologi
warna-dalam-desain, Diakses 10 Januari 2017
Bartholo Bush Sawa, 2014, Teori Tipografi Jenis Huruf Part 1.
http://www.dumetschool.com/blog/Teori-Tipografi-Jenis-Huruf-Part-1. Diakses 10
Januari 2017
Rii Nov, 2015, Mengubah desain interior menjadi feminine.
http://rumahoscarliving.com/mengubah-desain-interior-menjadi-feminim/. Diakses 11
Januari 2017
Wijayadharma, Artikel Perkembangan Desain & Grafik.
https://wijayadharma.wordpress.com/tugas/softskill/desain-pemodelan-grafik/artikelperkembangan-desain-grafik-2/. Diakses 10 Januari 2017
Welly Yusup, 2015, Mempelajari Psikologi Konsumen.
http://www.kompasiana.com/welly_yusup/mempelajari-psikologikonsumen_54f6e96aa3331195158b48b0. Diakses 10 Januari 2017
Andreas Cornelius Marbun, 2011, Estetika dan komersialisme.
https://arsitekturbicara.wordpress.com/2011/09/03/bertemunya-prinsip-prinsipkeindahan-dengan-komersialisme/. Diakses 10 Januari 2017
http://luxfanatic.blogspot.co.id
http://id.houseoflux.com
http://dedesuryadi.blogspot.co.id
https://www.unilever.co.id
Article Metrics
Abstract - 174 PDF - 77Refbacks
- There are currently no refbacks.