KAMPANYE TENTANG PEMBATASAN INTERNET UNTUK ANAK USIA DIBAWAH 12 TAHUN

Dewi Intan Kurnia, Siti Rohmah

Abstract


Internet merupakan perkembangan teknologi yang tidak asing lagi bagi semua pihak dari dewasa maupun anak-anak. Selain mempunyai dampak positif dari penggunaan internet, internet juga mempunyai dampak negative dalam pengaksesannya, terutama penggunaan internet terhadap anak-anak khususnya yang masih usia dibawah 12 tahun. Pada masa ini, anak usia dibawah 12 tahun sudah banyak sekali mendapat akses gratis dan mudah untuk mengakses internet. Mereka juga mempelajari cara mengakses internet tersebut dengan mandiri, sayangnya banyak sekali orang tua yang lalai, kurang peduli yang akhirnya menimbulkan hal-hal negatif yang terjadi pada anak tersebut. Faktor lain salah satunya yaitu kurangnya edukasi kepada orang tua terhadap bahayanya mengakses internet pada anak di bawah umur, akhirnya orang tua membiarkan anaknya mengakses internet sesuka hati mereka. Mengetahui banyaknya efek negatif yang di timbulakan pada anak karena mengakses internet pada usia di bawah 12 tahun, penulis akan membuat kampanye untuk membatasi anak usia di bawah 12 tahun untuk mengakses internet. Kampanye adalah sebuah tindakan dan usaha yang bertujuan mendapatkan pencapaian dan dukungan. Kampanye yang akan di lakukan penulis disini adalah dengan membuat poster. Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin.

Kata Kunci: Internet, Dampak Internet, Pembatasan, Anak

 

ABSTRACT

The internet is a technological development that is familiar to all parties from adults and children alike. Besides having a positive impact from the use of the internet, the internet also has a negative impact on its access, especially the use of the internet on children, especially those who are under 12 years of age. At this time, children under 12 years have a lot of free access and easy to access the internet. They also learned how to access the internet independently, unfortunately many parents were negligent, less cared about which eventually led to negative things that happened to the child. Another factor is the lack of education to parents about the dangers of accessing the internet to minors, eventually parents let their children access the internet as they wish. Knowing the many negative effects that arise in children due to access the internet at the age of under 12 years, the author will create a campaign to limit children under the age of 12 years to access the internet. A campaign is an action and effort aimed at gaining achievement and support. The campaign that the writer will do here is to make a poster. Poster or placard is a work of art or graphic design that contains a composition of images and letters on large or small paper. Its application is affixed to a wall or other flat surface with the eye-seeking nature of attention as much as possible.

Keywords: Internet, Internet Impact, Restrictions, Children.


Full Text:

PDF

References


Delima, R., Arianti, N.K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai Sampai 6 Tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi , Vol.1, No.1..

Djam’an Satori & Komariah Aan. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Ernie Martsiswati, E., & Yoyon Suryono, Y. (2014). ). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol.ume 1( – Nomor 2), November 2014, Pendidikan Luar Sekolah PPs UNY, Yogjakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gregory, Anne. 2004. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Rosady, Ruslan. 2008. Manajemen Public Relations dan Media. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Evelyn.(2011). Perancangan Komunikasi Visual Untuk Mendukung Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.Jakarta

Gomez Palacio, Vit Armin. 2009. Graphic Design, Referenced A Visual Guide To The Language, Applications and History of Graphic Design. USA : Rockport Publisher..

Subana, M. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. CV. Pustaka Setia, Bandung

Larson, Charles U. 1992. Persuasion, Reception and Responsibility. California:Wardsworth Publishing Company

Turban, E., Rainer, R. K., & Potter, R. E. (2005). Introduction to Information Technology. New Jersey: John Wiley & Sons.


Article Metrics

Abstract - 934 PDF - 929

Refbacks