PERANCANGAN FILM ANIMASI 2D & 3D KEANEKARAGAMAN BATIK INDONESIA

Rifqi Risandhy, Muhammad Fariq Baihaqi

Abstract


Perancangan film animasi ini lebih mengajak masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai  keanekaragaman batik–batik tradisional dan segala hal yang berhubungan dengan batik tradisional mulai dari asal usul, sejarah, hingga perbedaan motif batik setiap daerahnya. Pada zaman modern ini batik tradisional mulai ditinggalkan dan kurang diminati oleh generasi muda, padahal batik tradisional merupakan salah satu budaya dan suatu seni yang wajib untuk dilestarikan. Perancangan film animasi ini didesain dengan elemen visual dan pejelasan berupa illustrasi dan tata letak yang memudahkan untuk dibaca dan dipahami.

Kata Kunci: Batik, Indonesia, Motion Grafis, Animasi , Batik Tradisional, 2D,3D

 

ABSTRACT

The design of this animated film invites the public to get to know more about the diversity of traditional batik - batik and all things related to traditional .In this modern era, traditional batik is becoming obsolete and less attractive to the younger generation, where as traditional batik is one of culture and an art that must be preserved. The design of this animated film is designed with visual and explanatory elements in the form of illustrations and layouts that make it easy to read and understand.

Keywords: Batik, Indonesia, Motion Graphic, Animation ,Traditional Batik, 2D,3D


Full Text:

PDF

References


Hizair (2013). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tinarbuko, Sumbo (2015). DEKAVE. Yogyakarta:CAPS (Center for Academic Publishing Service

Jurnal

Bachri, S. B. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10 No.1, April 2010 (46-62).

Saptodewo, Febrianto (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain Vol 1, Nomor 3, Mei 2014 : 163-218

Jeanne beatrix, Chendy (2015) DESAIN MOTION GRAPHICS PAHLAWAN NASIONAL DR. GERUNGAN SAUL SAMUEL JACOB RATULANGI

Betancourt, Michael. 2012. The Origins of Motion Graphics, Cinegraphic, (online), Diakses pada tanggal 3 Maret 2015 dari http://www.cinegraphic.net/article.php?story=20110826144209282

John, Dickinson.2010. What is Motion Graphics?, (online), Diakses pada tanggal 27 februari 2015 dari

http://motionworks.net/what-is-motion-graphics/


Article Metrics

Abstract - 1336 PDF - 1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.