RISET ANALISIS UNSUR VISUAL PADA KOMIK DIGITAL GENG KOMUNIKA PADA PLATFORM WEBTOON
Abstract
Komik merupakan gambar yang berurutan dengan bertujuan untuk memberi dan menyampaikan informasi dalam bentuk visual yang berkesan estetik bagi para pembaca. Komik juga merupakan sebuah media komunikasi untuk menyampaikan sebuah pesan utuh dan lengkap dengan menggunakan visual yang mendominasi dibandingkan tulisan (Khaqi, 2018: 2). Dalam kepopuleran komik ini, menyebabkan banyaknya komikus baru yang tidak hanya mengangkat isu tentang politik, tapi juga ada yang menggunakannya sebagai media untuk menyampaikan sebuah informasi, edukasi, memberi hiburan, dan juga menuangkan perasaan mereka kepada para pembaca dalam buku media cetak.
Tema tentang perundungan siber ini hadir dan diangkat pada sebuah komik digital pada platform webtoon yang dibuat oleh komunika berjudul “Geng Komunika” yang terdapat 4 seri isu sosial yang salah satunya adalah cyberbully pada seri ke-1. Komik digital berjudul “Geng Komunika” ini membuat penulis tertarik karena komik digital ini cukup ramai dibaca pada genre slice of life dengan total 18.907 pembaca, 268 pengikut dan mendapatkan rating 8 bintang dari 10 dari para pembaca.Komik ini menceritakan tentang kasus perundungan siber yang menjelaskan dampak yang kemungkinan diterima oleh korban, dan motivasi dari si pelaku dengan berlatar pada lingkungan remaja SMA. Komik berjudul “Geng Komunika” ini menghadirkan cerita kehidupan sehari - hari yang dibalut dengan komedi.
Kata kunci: Komik, Unsur Visual, Digital
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Anggraini.S, L., & Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual: Panduan untuk Pemula. Nuansa Cendekia.
Gumelar, M. S. (2015). Elemen & Prinsip Menggambar. 246.
Khaqi, R. B. (2018). PERANCANGAN KOMIK SEJARAH PERGURUAN PENCAK
SILAT MERPATI PUTIH. INVENSI.
Kusrianto, A. (2013). PENGANTAR TIPOGRAFI. Elex Media Komputindo. Mataram, S. (2017). STRUKTUR VISUAL KOMIK. Dwi - Quantum.
Nurhayati, N., Aswar, A., & Arifin, I. (2018). KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR.
JURNAL IMAJINASI, 2(2), 25. https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9550
Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan. Penerbit Andi.
Setyadi, Y. (2014). KAJIAN VISUAL KOMIK “ONE PIECE” KARYA EIICHIRO ODA. 40. Soleha, S. R., & Udjianto, A. N. (2020). ANALISIS UNSUR-UNSUR GRAFIS DALAM
KOMIK SI JUKI. 8.
Sukmasari, E. (2019, April 25). Sejarah Komik dari Berbagai Belahan Dunia. Cultura.
https://www.cultura.id/sejarah-komik-dari-berbagai-belahandunia
Supriadi, O. A. (2019). KAJIAN VISUAL KOMIK ROMAN KONTEMPORER INDONESIA
TAHUN 2014-2019 STUDI KASUS: GREY & JINGGA. 59.
Utami, N. R. (2022, April 19). Menko PMK Sebut 45 Persen Anak di RI Jadi Korban Cyber Bullying. detiknews. https://news.detik.com/berita/d6039817/menko-pmk-sebut-45- persen-anak-di-ri-jadi-korban-cyberbullying
Article Metrics
Abstract - 639 PDF - 654Refbacks
- There are currently no refbacks.