RANCANGAN PERKEMBANGAN BISNIS VAPE DENGAN MENINGKATKAN KUALITAS DESAIN PROMOSI PRODUK (STUDI KASUS : Super Hero Vape Distribution)

Moh. Ali Wisudawan Prakarsa

Abstract


Jumlah penduduk di seluruh dunia akan terus mengalami pertumbuhan, terlebih peningkatan jumlah penduduk usia kerja. Tak terkecuali negara Indonesia yang setiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah penduduk usia kerja dimana tingginya peningkatan angka penduduk usia kerja tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja sehingga menimbulkan tingginya angka penduduk status pengangguran. Hal ini memicu kesadaran masyarakat untuk mendirikan sebuah usaha secara mandiri seperti UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Jenis UMKM terbagi menjadi dua yaitu bidang jasa dan manufaktur. “Super Hero Vape Distribution” merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang distibutor tepatnya jasa penjualan perlengkapan vape. “Super Hero Vape Distribution” didirikan pada tahun 2014 dan hingga saat ini banyak bermunclan kompetitor-kompetitor baru. Maka diperlukan suatu perancangan strategi yang lebih berkembang untuk mendorong UMKM agar maju. Penelitian ini menggunakan metode Analisis SWOT ini diharapkan supaya bisa membantu pemilik usaha agar dapat merancang dan memutuskan strategi apa yang harus dilakukan guna mencapai kemandirian dalam berwirausaha.

Kata Kunci: Kemandirian Usaha, SWOT 


References


Referensi

Giraudo, E., Giudici, G., & Grilli, L. (2019). Entrepreneurship policy and the financing of young innovative companies: Evidence from the Italian Startup Act. Research Policy, 48(9), 103801. https://doi.org/10.1016/j.respol.2019.05.010

Irawati, Rina. (2017). Pengambilan Keputusan Usaha Mandiri Mahasiswa Ditinjau dari Faktor Internal dan Eksternal. Jurnal JIBEKA. Vol. 11. No. 1. 58-69.

Lee, H.-H., & Shin, K. (2019). Nonlinear Effects of Population Aging on Economic Growth. Japan and the World Economy, 100963. https://doi.org/10.1016/j.japwor.2019.100963

Meuthia. 2019. Penentu Perilaku Berbagi Pengetahuan Melalui Media Sosial Persepsi Wisatawan Pada Wisata Halal Di Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen 7(4): 364-378

Rohmah, Lailatur; Muljono, Pudji; Purbaningsih, Ninuk; & Vitayala, Aida. (2019). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Keberdayaan Anggota UPPKS DKI Jakarta Menuju Kemandirian Usaha. Jurnal Penyuluhan. Vol. 15. No. 2. 195-203.

Sanito, R. C., You, S.-J., Chang, T.-J., & Wang, Y.-F. (2020). Economic and environmental evaluation of flux agents in the vitrification of resin waste: A SWOT analysis. Journal of Environmental Management, 270, 110910. https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2020.110910

Sukirman, 2010. Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Kecil yang Dikelola Perempuan (Dengan Pendekatan BalancedScorecard), JurnalKinerja, Bisnis dan Ekonomi. 14(3): 248-262.

Sukirman & Indaryani, Mamik. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menuju Kemandirian Usaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional. Penelitian Hibah Bersaing 2014 Lembaga Ristek Dikti.

Tambunan, 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia (Isu‐Isu Penting), Jakarta: LP3ES


Article Metrics

Abstract - 137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.