PERANCANGAN BRAND IDENTITY EKSKUL FUTSAL THREEPASTA SMPN 3 PASARKEMIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT BAKAT

Dewi Intan Kurnia, Irfan Fauzi

Abstract


Abstrak.

Minat dan bakat merupakan bagian dalam hidup manusia yang dimana setiap orang memiliki ketertarikan pada sesuatu dan memiliki keahlian pada hal tertentu, pada program pengembangan minat dan bakat yang ada di dunia pendidikan juga menjadi faktor pendukung untuk mengembangkan kemampuan dari para siswa/I terutama dalam ranah olahraga yaitu ekstrakulikuler futsal yang ada di SMPN 3 PASARKEMIS. Tujuan dari perancangan ini menciptakan suatu identitas visual pada ekstrakulikuler futsal SMPN 3 PASARKEMIS sebagai upaya peningkatan dalam mengikuti program pengembangan minat bakat yang ada disekolah, sehingga dapat menjadi media promosi untuk pihak sekolah. Dalam perancangan ini, metode yang digunakan berdasarkan dari hasil obeservasi secara langsung dan juga wawancara yang dilakukan sehingga menciptakan suatu ide dalam pembuatan identitas visual untuk ekstrakulikuler futsal SMPN 3 PASARKEMIS. Hasil dari pengamatan dilapangan ternyata penggunaan identitas visual belum diterapkan, sehingga minat bakat siswa/I terhadap ekstrakulikuler ini kurang diminati, maka dalam hal ini penulis menciptakan suatu identitas untuk eksktrakulikuler futsal berupa buku pedoman (Graphic Standard Manual). Dengan terciptanya buku pedoman (Graphic Standard Manual) ini, diharapkan bisa memiliki daya tarik tersendiri pada siswa/I dalam memilih program pengembangan bakat.

 

Kata Kunci: Ekstrakulikuler; Identitas visual; Minat bakat; Olahraga futsal;

 

Abstract.

Interests and talents are a part of human life where everyone has an interest in something and has expertise in certain things, interest and talent development programs in the world of education are also supporting factors for developing the abilities of students, especially in the realm of sports namely the futsal extracurricular at SMPN 3 PASARKEMIS. The purpose of this design is to create a visual identity in the extracurricular futsal SMPN 3 PASARKEMIS as an effort to increase participation in talent development programs at school, so that it can become a promotional medium for the school. In this design, the method used is based on the results of direct observation and also interviews conducted so as to create an idea in making a visual identity for the extracurricular futsal SMPN 3 PASARKEMIS. The results of field observations show that the use of visual identities has not been implemented, so that students' interest in this extracurricular is less desirable, so in this case the author creates an identity for extracurricular futsal in the form of a guidebook (Graphic Standard Manual). With the creation of this guidebook (Graphic Standard Manual), it is hoped that it will have a special appeal to students in choosing talent development programs.

 

Keywords: Extracurricular; Visual identity; Interest in talent;  Futsal; 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Budi Sulistio. (2017). BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah. 1–16.

Arifatul Mua Dlomah. (2020). ANALISIS KONSEP BRAND IDENTITY BATIK PONORAGAN SEBAGAI SALAH SATU IDENTITAS KABUPATEN PONOROGO. Strategi, Branding. http://eprints.umpo.ac.id/5901/

Astuti, T. P. (2016). Gaya Desain Cover Buku Karya Djenar Maesa Ayu. Texture, Art & Culture, 13. https://docplayer.info/191902147-Gaya-desain-cover-buku-karya-djenar-maesa-ayu-tahun-2016.html

Brown, T. (2019). Change By Design. Www.Ideo.Com; IDEO. https://www.ideo.com/post/change-by-design

Cinthya. (2020). Brand Identity: Pengertian, Manfaat Dan Tips Dalam Membangunnya. Accurate.Id. https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-brand-identity/

Harahap, L. R., Priyatno, A., Sinaga, O., & Sihite, O. (2020). Analisis Karakteristik Vector Art Pada Vectorina Medan Community Tahun 2019 Ditinjau Dari Elemen Visual. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 152. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18403

Hasugian, J. T. M. (2015). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 923–937.

Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121. https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18187

Kristiana, N. (2018). Aplikasi Gestalt pada Desain Label Kemasan Produk Aqua. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(01), 1–13. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i01.1595

Listya, A., & Hadiprawiro, Y. (2023). KONSEP DAN LAYOUT BUKU FOTO LULLABY. 10(2), 385–399.

Mahendra, A. E. (2023). REDESAIN IDENTITAS VISUAL CV.SINGHASARI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Dinamika.Ac.Id, 24. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/6959/1/17420100044-2023-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Mauro Porcini, M. K. B. (2022). PepsiCo chief design officer Mauro Porcini explains how designers and nondesigners alike can push the boundaries of innovation every time they create. Www.Mckinsey.Com. https://www.mckinsey.com/featured-insights/mckinsey-on-books/author-talks-pepsicos-mauro-porcini-talks-meaningful-design-and-mentorship

Ngalimun. (2022). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis (M. P. Prof. Dr. Hj. Juairiah (ed.)). PUSTAKA BARU PRESS.

Nurhamzah, I. (2018). MANAJEMEN KOMUNIKASI PERUSAHAAN DALAM MENSUKSESKAN PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY.

Pratama, I. P. E. (2019). Perancangan Identitas Visual Pantai Hutan Kera Nepa Kabupaten Sampang Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. 14.

Setyanto, M. A. (2021). Perancangan Media Promosi Berbasis Desain Layout dan Foto Produk pada PT. Niteksindo Multitech Perkasa. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5755/%0Ahttps://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5755/1/18420100020 - 2021 - UNIVERSITASDINAMIKA.pdf


Article Metrics

Abstract - 236 PDF - 136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.