Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gawai untuk Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi orang tua mengenai penggunaan gawai untuk anak usia dini. Berdasarkan data BPS tahun 2022 sebanyak 67,88% penduduk Indonesia yang menggunakan gawai, termasuk anak-anak. Faktor keluarga menjadi alasan anak dapat mengenal dan menggunakan gawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara terbuka sebagai teknik pengumpulan data. Teknik sampling yang dipilih adalah purposive sampling sehingga subjek penelitian ini adalah 3 orang tua yang memiliki anak pengguna gawai. Hasil dari penelitian ini menujukkan alasan orang tua memberikan gawai pada anak agar memudahkan aktivitas orang tua dan anak. Perilaku yang muncul ketika anak menggunakan gawai adalah munculnya emosi positif, seperti senang, tenang, dan antusias. Disamping itu, emosi negatif seperti menangis, berteriak, melempar barang, dan memukul ikut muncul. Menerapkan batasan, mendampingi anak ketika bermain gawai, dan memberikan aktivitas lain yang mampu menunjang kebutuhan anak adalah upaya orang tua yang dinilai membantu untuk meminimalisir dampak negatif gawai pada anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adwiah, A. R., & Diana, R. R. (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2463–2473. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3700
Amelia, R., Salbiah, S., & Pangestu, R. A. (2023). Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6579
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
BPS. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/02/25/0a2afea4fab72a5d052cb315/statistik-indonesia-2022.html
Hidayati, N., Djoehaeni, H., & Zaman, B. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 915–926. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3004
Hijriani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324
Hudi, I., Noviola, D. S., & Matang, M. (2022). Globalisasi dan Gadget Dikalangan Anak Usia Dini: Dampak Penggunaan, Peran Orang Tua dan Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14837–14844.
Janah, A. I., & Diana, R. (2023). Dampak Negatif Gadget pada Perilaku Agresif Anak Usia Dini. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 21–28.
Joseph, G. V., M, A. T., Elizabeth, S., & Thomas, J. (2022). The Impact of Screen Time and Mobile Dependency on Cognition, Socialization and Behaviour Among Early Childhood Students During the Covid Pandemic-Perception of the Parents. Digital Education Review, 41, 114–123.
Karwati, L., Kurniawan, D., & Anggraeni, R. (2020). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Pengguna Gawai di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(1), 33–40.
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Mulyana, E. H., Aprily, N. M., & Zaenab, A. S. (2023). Perilaku Kecanduan Bermain Gadget Pada Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 11–26.
Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980
Nurliana, & Aini, N. (2021). Dampak Gadget Terhadap Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga di TK Negeri Pembina Kecamatan Lut Tawar. Jurnal As-Salam, 5(1), 101–109.
Maryati, S., & Nurlaela, W. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49-61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422
Sejati, Y. G. (2020). Meminimalisir Penggunaan Gadget Yang Menghambat Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 38. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1597
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10386
Article Metrics
Abstract - 1034 PDF - 533Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini
Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: ceriaumt@gmail.com
Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.