Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alam dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B KB Al Sabilillah Neglasari

Nurul Fitria, Titi Rachmi, Anggun Suandari

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendididikan lebih lanjut. Pengembangan kecerdasan manusia hendaknya dilakukan sejak anak usia dini. Pada anak usia sekitar 5 tahun merupakan masa keemasan (golden age) yang perkembangan kecerdasannya mencapai 50% kapasitas kecerdasan orang dewasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelompok B KB Al Sabilillah berjumlah 16 siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa hubungan pembelajaran berbasis alam terhadap kecerdasan naturalis itu sangat kompeten dan baik terlebih sekolah KB Al Sabilillah selalu memfasilitasi dan membimbing untuk memunculkan kecerdasan naturalis anak dengan planing pembelajaran yang sekolah tersebut buat secara teliti. Dengan pembelajaran menyenangkan tetap mengenal baca, tulis dan hitung dengan cara yang menyenangkan tanpa disadari anak tersebut sedang belajar itu. Gambaran yang berpengaruh pada pembelajaran yang berbasis alam ini menunjukkan anak yang memiliki kecerdasan naturalis sangatlah banyak karena keberhasilan kerja sama guru dan sekolah serta orangtua dalam tetap mendukung pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan dilingkungan rumah.


Keywords


Kecerdasan Naturalis; Pembelajaran Berbasis Alam

Full Text:

PDF

References


Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Perdana Media.

Alamsyah, S., & Budimanjaya, A. (2015). Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. OSFPRERINTS. https://doi.org/10.31219/osf.io/dbnya

Arifin, M. A. (2019). Developmental History of Character Education and How It Could Be Defined. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 411-418. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.101

Choirunisa, A. (2016). Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Ar-Rahmah Watukumpul Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto.

Decaprio, R. (2017). Panduan Pengembangan Kecerdasan Motorik Siswa. Yogyakarta: Diva Press.

Dini, J. P. A. U. (2022). Identifikasi nilai agama islam pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420-433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Handayani, S., Sumarno, S., & Suharno, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain di TK Pembina Kabupaten Rembang. Seuneubok Lada, 5(1), 38-53.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125.

Muliawan, J. U. (2022). Psikologi Pendidikan dalam Wahana Bermain Anak. Yogyakarta: Gava Media.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Rukin, S. P. (2019). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujiono, D. Y. N. (2019). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10542

Article Metrics

Abstract - 164 PDF - 83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: ceriaumt@gmail.com


Ceria: Jurnal Program Studi Anak Usia Dini (p-ISSN: 2301-9905 | e-ISSN: 2775-409X) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     



View My Stats